“Solar Sulit Diperoleh, Gelombang Tinggi, Lengkap Sudah Derita Kami”

BENGKULU, Sejumlah nelayan di Bengkulu mengeluhkan sukarnya mendapatkan solar di daerah itu sepekan belakangan ini. Kondisi diperparah dengan tingginya gelombang laut.

Sebelumnya Stasiun Meteorologi Klas III Fatmawati Soekarno (BMKG) Bengkulu mengingatkan tercatat mulai tanggal 16 hingga 17 September 2014 gelombang laut Bengkulu, Kepulauan Enggano dan Samudera Hindia tinggi antara tiga hingga lima meter.

“Kami tak bisa melaut, solar susah didapat, gelombang tinggi lengkap sudah penderitaan kami,” kata Mulyadi, di Pasar Bengkulu, Senin (15/9/2014).

Meski demikian, ada juga sejumlah nelayan yang nekat melaut namun tetap saja tangkapan tak maksimal karena wilayah jelajah menjadi terbatas dan berisiko.

“Tangkapannya paling hanya bisa untuk konsumsi sendiri tak bisa dijual,” jelasnya.

Mulyadi berharap dalam kondisi seperti ini ada semacam bantuan modal bagi nelayan untuk mempertahankan hidup sehari-hari.

“Selama ini kami kalau musim seperti ini akhirnya berhutang pada rentenir dan warung nanti dibayar kalau hasil tangkapan mulai banyak dan cuaca bersahabat,” ungkapnya.

KOMPAS.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*