Sondang, Pelaku Bakar Diri Meninggal Dunia, SBY Harus ‘Buka Mata’

JAKARTA – Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas meninggalnya Sondang Hutagalung. Aksi bakar diri yang dilakukan Sondang di depan Istana Negara Rabu lalu (7/12) bukanlah aksi main-main.

Itu merupakan aksi sebagai bentuk protes anak bangsa terhadap kondisi di republik ini. “Pengorbanan bung Sondang sepatutnya membuka mata dan hati pemerintah, khususnya Presiden SBY bahwa cara pemerintah mengelola negara telah menyimpang dari cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945,” ujar Ketua Presidium GMNI, Tedy Noviady Ginting, tadi malam.

Rabu lalu (7/12), Sondang yang merupakan mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta membakar diri di depan kantor Presiden SBY, Istana Negara, Jakarta. Sebelum api melumatkan kulit, Sondang mengguyur bensin ke sekujur tubuhnya. Petang tadi (10/12), pukul 17.45 WIB, Sondang yang merupakan Koordinator Himpunan Aksi Mahasiswa Marhaenis untuk Rakyat dan Bangsa Indonesia (Hammurabi) menghembuskan nafas terakhir di ruang instalasi luka bakar RSCM Jakarta.

Pemerintah, kata Tedy, harus segera berbenah dan kembali kepada tujuan awal didirikannya republik ini. “Kebijakan dan pembangunan harus ditujukan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Bila tidak maka tidak dapat dihindari aksi serupa akan terjadi kembali,” tandasnya.

waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Polres Tapsel Tangkap 8 Tronton Illegal Logging Pinus : Cukong Mafia Kayu dan Pejabat Kehutanan Kasak-Kusuk

6 Komentar

  1. Buntu! Pemerintah kau urus biar kau 2000 orang tidak bakalan buka mata. Paling mereka bilang gini:

    “Siapako! Mau Protes-Protes? Nda’ Urus…”

    negara ini tidak akan pernah berubah sob. sampai kapanpun. indonesia akan tetap terpuruk.

  2. Anak bangsa rela mati untuk bangsanya”’
    Anak bangsa rela berjuang untuk bangsanya””
    Di mana ka,hati nurani pemerintah kita?????

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*