Songsong Pencapaian Visi dan Misi Pesantren Darul Mursyid

Senin, 11 Januari 2010 – www.metrosiantar.com

Songsong Pencapaian Visi dan Misi Pesantren Darul Mursyid

Puluhan Guru dan Karyawan Ikuti Lokakarya dan Pelatihan
Meningkatkan kualitas dan kualifikasi lulusannya untuk menjadi calon intelektual muslim yang mandiri, Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) di Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), menggelar lokakarya dan pelatihan peningkatan mutu guru dan karyawan selama tiga bulan berturut-turut, mulai Oktober, November, dan Desember lalu.

BORNEO DONGORAN-TAPSEL

Ketua Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), H Jafar Syahbuddin Ritonga SE MBA, selaku Badan Pengelola PDM, mengatakan, rangkaian lokakarya dan pelatihan yang diikuti sekitar 80-an guru dan karyawan PDM tersebut dilakukan atas dasar pemikiran bahwa untuk menghasilkan lulusan yang bermutu. Maka yang paling penting diperhatikan dan terus ditingkatkan adalah kualitas gurunya.

Kegiatan yang dilakukan adalah lokakarya pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan madrasah, pelatihan manajemen madrasah, pelatihan tenaga administrasi dan keuangan, lokakarya teknik evaluasi pembelajaran dan metode pengajaran, pelatihan motivasi guru serta pelatihan peningkatan profesionalitas guru mata pelajaran Ujian Nasional (UN).

Menurut penuturan Kepala Madrasah Aliyah PDM, H Moratua Naibaho SS dan Kepala Madrasah Tsanawiyah PDM, Ali Ibrahim SPdI, peningkatan kualiatas guru yang terus digenjot dari tahun ke tahun di PDM adalah salah satu tuntutan yang harus dipenuhi sebagai salah satu pesantren terbaik di Sumatera Utara (Sumut), bahkan visi PDM ‘Menjadi Pesantren Terbaik dalam hal Prestasi dan Fasilitas pada Akhir Tahun 2010’ tentunya mensyaratkan mutu guru dan lulusan yang tinggi dalam merealisasikannya.

Baca Juga :  Sekjen PSSI Mengundurkan Diri

Dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tersebut, PDM bekerjasama dengan berbagai lembaga profesional yang berkompeten seperti Balai Diklat Sumut dan Yayasan Pendidikan Al-Misbah yang melibatkan para pakar dan praktisi pendidikan.

Seperti Kabid Mapenda Depag Kanwil Sumut, Drs H Yulizar Lubis MA yang mengulas materi pengembangan SDM guru madrasah, dari Balai Diklat Sumut Drs Halomoan Lubis MPd dan Drs Muhammad Luthfi Syaukani MPd yang mengulas materi teknik pengembangan KTSP, dari Yayasan Al-Bisbah Medan Sahuri SSi SPd yang mengulas materi peningkatan mutu dan profesionalitas guru, serta H Jafar Syahbuddin Ritonga selaku salah satu praktisi dan pakar pendidikan Sumut dan menjabat Sekretaris Umum DPD Real Estate Indonesia (REI) yang mengulas pengelolaan administrasi dan keuangan organisasi.

Di sela-sela kesibukannya yang sangat padat sebagai Direktur PDM dan Direktur PT JASARI yang beralamat di Medan dan Palembang, H Jafar Syahbuddin Ritonga, menekankan, bahwa Darul Mursyid siap menjadi institusi pendidikan bertaraf nasional yang qualified. Hal tersebut dibuktikan dengan tak henti-hentinya Darul Mursyid terus berbenah dan mensejajarkan diri dengan institusi pendidikan bertaraf nasional yang lain, semisal Madani Internasional School Jakarta dan lain-lain.

Pria lulusan Ohio State University Amerika Serikat ini, menegaskan, mencapai visi dan misinya, PDM telah banyak menjalin kerjasama dengan institusi-institusi lain yang memang berkompeten di bidangnya, seperti tanggal 28 Desember 2009 yang lalu, PDM juga telah mengundang Direktur Pendidikan Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof DR Ir Ihcsan Satya Putra, guna menyampaikan trik dan tips lolos ujian masuk ITB sekaligus memotivasi guru-guru Darul Mursyid.

Baca Juga :  PSSI Masih Tak Akui Status Profesional Evan Dimas

Selain itu, H Jafar Syahbuddin juga mengajak dan mengimbau seluruh tokoh dan praktisi pendidikan Sumut secara umum, khususnya wilayah Tapsel untuk ikut bergiat dan meningkatkan kualitas pendidikannya agar mampu menyejajarkan diri dengan pendidikan daerah pulau Jawa.

Dosen S2 program Magister STIE Harapan Medan ini juga menekankan bahwa potensi Sumut untuk meningkatkan kualitas pendidikannya sangatlah besar. “Dalam mewujudkan hal itu, kita hanya perlu merubah mindset (cara berpikir) kita untuk kembali meyakini bahwa segala upaya dan cita-cita yang kita inginkan adalah mampu kita lakukan, dan Darul Mursyid telah meyakini dan melakukan itu,” terang H Jafar Syahbuddin. (***)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*