Sosialisasi Wajib Pajak Pribadi di Gedung KPP Pratama Padang Sidimpuan

Rabu, 24 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

pajak Sosialisasi Wajib Pajak Pribadi di Gedung KPP Pratama Padang SidimpuanKandidat Balon Kepala Daerah Diimbau Sampaikan SPT Tahunan 2009
SIDIMPUAN-METRO; Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Padangsidimpuan, menggelar sosialisasi dan simulasi pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) 2009 kepada wajib pajak per seorangan atau pribadi, di aula gedung KPP Pratama Psp, Selasa (23/2). Dalam acara yang diikuti ratusan peserta ini, disinggung bahwa setiap kandidat balon kepala daerah yang akan bertarung pada pemilukada diimbau menyampaikan SPT Tahunan 2009.

“Kita harapkan dengan pelaksanaan sosialisasi dan simulasi pengisian SPT tahunan ini, kesadaran masyarakat terhadap pajak bertambah dan lebih proaktif dalam menyelesaikannya,” ujar Kepala KPP Pratama Psp, Sjaiful Arief, melalui Kasi Pelayanan, Musimin.

SPT tahunan PPh, kata Musimin, merupakan sarana bagi Wajib Pajak untuk melaporkan serta memepertanggungjawabkan penghitungan dan pembayaran pajak dengan baik dan benar sesuai dengan sistem self assessment. “Jika terdapat pajak yang masih kurang bayar maka harus dilunasi terlebih dahulu sebelum SPT Tahunan PPh disampaikan atau dilaporkan,” lanjutnya.

Ditambahkan Musimin, pihaknya juga sangat mengharapkan kesadaran wajib pajak di Tabagsel agar terus ditingkatkan. “Ke depannya kita harapkan masyarakat lebih proaktif dalam mengurus kewajiban pajak masing-masing, sehingga pembangunan di segala bidang, seperti pendidikan, ekonomi, infrastruktur, pertanian dan lainnya yang direncanakan pemerintah dapat terwujud,” ujarnya.

Di samping itu, pihaknya, juga menghimbau para kandidat dalam pilkada yang akan bertarung yang belum mengurus surat keterangan fiscal agar memasukkan SPT tahunan. Hal ini dalam rangka sebagai kepatuhan atau kesadaran dalam membayar pajak.

Baca Juga :  Pemko Sidimpuan Didesak Bentuk Perda Larangan Ahmadiyah

Sedangkan narasumber, Krisrolanto, yang juga pengawas konsultan, bersama Azeri Wilson, sebagai Accountan Refresentative, menerangkan, secara terperinci terhadap pengisian SPT PPh orang pribadi.

Adapun bagi wajib pajak pribadi atau perseorangan diberikan batas akhir sampai tanggal 31 Maret untuk melaporkan SPT tahunannya sedangkan bagi wajib pajak jenis badan, batas akhirnya sampai dengan tanggal 30 April 2010 ini. Hal ini berlaku bagi SPT PPh, Pajak Bumi Bangunan (PBB), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). (***)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*