Steve Jobs Wafat, Saham Apple Tergelincir

Buku Steve Jobs Terjual 379.000 Kopi dalam Seminggu
Steve Jobs

FRANKFURT – Saham Apple Inc. tergelincir di perdagangan elektronik di Jerman, setelah sang pendiri sekaligus mantan CEO, Steve Jobs tutup usia. Apple tergerus 1,9 persen menjadi setara dengan 364,82 dollar AS per saham di bursa Nasdaq-100 pada pukul 09.48 pagi, di Frankfurt.

Jobs, yang mengundurkan diri sebagai CEO pada Agustus 2011, meninggal kemarin. Dia didiagnosis terkena kanker pankreas pada 2003 silam, dan telah menjalani transplantasi hati pada 2009.

Trader saham dari MWB Fairtrade Wertpapierhandelsbank AG Andreas Lipkow menyebut, penurunan harga saham Apple pagi ini sebagai reaksi atas keterkejutanan pasar. “Namun, dalam posisinya sebagai seorang visioner, Jobs pasti mengorganisir semua hal, dan saya pikir CEO baru akan menjalankan tugasnya dengan sangat baik,” ujarnya hari ini, di Frankfurt.

Reaksi investor memang beragam sejak pengunduran diri Jobs sebagai CEO pada 24 Agustus lalu. Kondisi tersebut tercermin dari harga saham yang naik lebih dari 7 persen dalam sebulan setelah Jobs mengundurkan diri, namun kemudian kembali tergelincir. Kemarin, di bursa Nasdaq, saham Apple naik 5,75 dollar AS ke posisi 378,25 dollar AS.

Sementara itu, saham pesaing Apple di Asia dan Eropa menguat, hari ini. Samsung Electronics Co. reli 1,5 persen di Seoul, sementara saham LG Electronics Inc. naik 6,3 persen. Adapun, saham Nokia Oyj reli 1,8 persen di bursa Helsinki.

Baca Juga :  Internet Dunia Makin Kencang

“Sekarang, orang melihat bahwa Steve Jobs tidak mungkin kembali, dan ada risiko inovasi menurun. Sebab, selama ini dia menciptakan produk inovatif yang fantastis,” kata Helena Nordman-Knutson, analis saham teknologi yang berbasis di Stockholm. (Dupla Kartini/Kontan)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*