Sumut Masih Hadapi Musim Kemarau

www.liputan6.com,

Medan: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memperkirakan beberapa kabupaten dan kota di Sumatra Utara masih menghadapi musim kemarau hingga awal April 2010. “Suhu cuaca di beberapa daerah juga gerah karena mencapai 33 derajat Celsius,” kata Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah I Medan Eron Tarigan di Medan, Senin (29/3).

Eron mengatakan, musim kemarau yang terjadi sejak Februari 2010 itu banyak terjadi di daerah yang berdekatan dengan pegunungan seperti Kabupaten Dairi, Tanah Karo, dan Pakpak Bharat. Sedangkan di wilayah pantai timur, kemarau itu justru diperkirakan menimbulkan efek lebih besar seperti kekeringan air yang berpotensi mengganggu proses pertanian masyarakat.

Di antaranya, kata dia, di Kabupaten Asahan, Langkat dan Kota Binjai. “Mereka perlu mewaspadai musim kemarau yang terjadi,” kata Eron. Meski demikian, musim kemarau itu tidak terlalu berpengaruh di wilayah pantai barat Sumut karena masih berpotensi mengalami hujan lokal.

Namun, BMKG Wilayah I Medan memperkirakan musim kemarau di Sumut itu akan berakhir pada awal atau pertengahan April karena akan masuknya awal musim penghujan. Jika telah memasuki pertengahan April, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada karena akan mengalami curah hujan yang puncaknya terjadi pada bulan Mei.(ADO/Ant)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kalau Ingin Maju, Kota Medan Harus Kedepankan IT

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*