SURAT TERBUKA UNTUK WALIKOTA PADANGSIDIMPUAN

admin note; surat ini dikirimkan oleh sdr. Hendrikus Pangaribuan kepada kami… alamat jelas, dibawah… dan menjadi tugas kami mempublishkannya, dan surat ini tidak kami sensor sedikitpun, demi menjaga visi misi dan kebebasan berbicara…

Pak Walikota Padangsidimpuan yang terhormat,

Ijinkanlah saya menyampaikan beberapa hal menyangkut kota Padangsidimpuan yang kita cintai ini.

Salumpat Saindege. Itulah semboyan kota padangsidimpuan yang Bapak pimpin. Saya senang mendengarnya karena semboyan tersebut memang sederhana tapi memiliki makna yang luas dan besar. Salumpat Saindege berarti satu derap langkah, bersama-sama menuju kemajuan.

Saya juga senang dengan Motto Pembangunan Kota Padangsidimpuan MAIAS. Dengan mengambil motto tersebut berarti Bapak memang mengerti benar tata kelola pemerintahan yang baik yang di dalamnya mengandung M = Mapan dan Mandiri; A : Agamis; I : Indah; A : Aman; dan S : Sejahtera.

Tapi ada yang membuat hati Saya resah sampai sekarang terhadap pembangunan di Kota Padangsidimpuan, baik di bidang pendidikan atau Sumber Daya Manusia (SDM) maupun di bidang pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Bukankah pada waktu Pilkada Kota Padangsidimpuan, salah satu visi dan misi Bapak adalah menjadikan kota Padangsidimpuan sebagai kota pendidikan. Dan dalam Misi Kota Padangsidimpuan 2008-2013 salah satunya adalah Meningkatkan Daya Saing melalui Peningkatan Kualitas SDM Kota Padangsidimpuan ?

Tetapi sampai hari ini, saya tidak melihat adanya tanda-tanda akan didirikannya satu universitas yang bisa dijadikan sebagai ikon atau lambang pendidikan kota Padangsidimpuan.

Baca Juga :  Nasib Pasar Sagumpal Bonang Semakin Kabur

Dan sampai saat ini juga, saya tidak melihat adanya tanda-tanda keberadaan perpustakaan umum serta museum dan tempat belajar keterampilan yang dapat dikunjungi oleh semua lapisan masyarakat.

Saya bukan bermaksud menggurui Bapak, tetapi setahu saya kedua hal tersebut di atas merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas SDM kota Padangsidimpuan sebagaimana yang Bapak sampaikan pada waktu Pilkada dan yang tertuang dalam misi kota Padangsidimpuan 2008-2013.

Pengamatan saya selama ini banyak masyarakat kota Padangsidimpuan yang rindu akan perpustakaan umum yang aman, nyaman, sejuk, indah, asri, punya koleksi buku-buku berkualitas serta tersedianya beberapa fasilitas yang mendukung seperti warung internet (warnet), bersebelahan taman kecil yang sejuk untuk membaca, tempat makan yang murah meriah dan fasilitas lainnya.

Dalam konteks hubungan layanan pemerintah dengan perkembangan teknologi internet, muncul istilah yang kita kenal dengan e-government. Pada dasarnya istilah ini ingin menjelaskan bahwa di era teknologi informasi ini pelayanan pemerintah terhadap masyarakat dapat semakin ditingkatkan.

Tetapi ketika saya mengetikkan “website kota padangsidimpuan” di fasilitas search Googgle dan fasilitas search Yahoo, saya melihat hanya ada satu website yang dikelola atau di buat oleh Pemerintah Kota Padangsidimpuan, yaitu website pengadilan agama kota Padangsidimpuan ).

Berkenaan dengan hal tersebut, saya rasa keberadaan sebuah website kota padangsidimpuan yang kreatif, inovatif, interaktif merupakan satu hal yang mutlak dimiliki kota Padangsidimpuan.

Baca Juga :  Redaksi Menerima Kiriman Surat Pembaca

Demikian surat terbuka dari saya melalui website www.apakabarsidimpuan.com ini.

Hendrikus Pangaribuan

Jl. Sisingamangaraja No. 71 Padangsidimpuan

email: hendry.p1005@gmail.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

16 Komentar

  1. SUDAH saatnya Generasi muda maju memimpin untuk membawa pencerahan dan perubahan yang lebih baik…TANPA melupakan PODA NI NATUA2…..semua demi KEMAJUAN HUTANA BE….Unang KORUPSI…..Jangan bagi2 Duit…

  2. Asllkm. untuk saudaku dan koum sasudena..Pilkawa walkot kampung kita akan dilaksanakan tgl 18 Oktober bulan ini……pakailah hati nurani..dan rasa cinta ..kepada kampung….pilihlah pemimpin yang betul2 AMANAH….agar sidempuan kita…bisa lebih maju…Pilih Pemimpin karena kualitas…BUKAN..Karena anak Pejabat….dan Bagi2 duit….KALO SDH MEMBERI BERARTI….ADA MAUNYA…..Masa depang sidempuan 5 tahun kedepan…menjadi lebih baik…itu yang menjadi tujuan….semoga Pilkada berlangsung aman dan tertib….

  3. Saya suka dengan tulisan ini..

    sidimpuan adalah tanah kelahiran saya…meskipun keluarhaku bukan berdarah tapanuli seperti kebanyakan.

    namun di sana lah aku besar dan tumbuh..

    Namun sidimpuan bukan tempat yang ramah, terlalu banyak intrik disana,
    saya melihat banyak putra daerah sidimpuan yang berjaya di perantauan..Dan sebagian lagi , anak-anak muda yang sedang dduk di bangku kuliah saat ini di Kota PAdang Misalnya, mereka ana muda yang berpotensi dan berprestasi ketika saya tanya mereka tak ada niat untuk kembali berkiprah dan membangun sidimpuan . Ada apa ?

    semoga pemilukada kali ini bisa menghasilkan pemimpin yang merakyat..kebijakan untuk kmajuan Masyarkat..bukan karena golongan, partai, kesukuan dan lainnya..

  4. Seorg Calon Kepla Daerah dgn kepiawaiannya mengeluarkan Uang (membagikan uang kpd rakyat) sampai 25-30M dalam PILKDA (tdk terbukti Money pltik) tapi APBD setelah terpilih hanya mampu menaikkan APBD 5 M setiap tahunkarena Mungkin mikirn balek Modal tapi seorng Kepala Daerah di lain Tempat hanya mengeluarkan Uang 300 juta (tdk ada bagi2 uang malah mayrakat mengeluarkan uang) mampu jadi kepla daerah dan ternyata APBD nya Mampu ditingkatkan lebih dari 100 M setiap tahun.. LALU KEPALA DAERAH YG MANAKAH HRS DIPILIH RAKYAT… Jawab utk PSP mungkin yg penting AU mandapot hepeng

  5. PILKADA TAHUN 2012 SUDAH DEKAT mulai skrng dah banyak yg kasak kusuk,,, org partai jg mulai bergaya jual2 mahal padahal mau cari kesempatan siapa calon WAKO yg bisa di telan….ha ha ha mari masyarakat KOTA PSP berpikir positip lihat contoh.. Pilkada Tapsel (masa ONGKU0 apa yg dicapai padahal katanya intelektual.. Lanjut skrg Syahrul Rapolo.. Emang msh baru tapi lihat dulu gaya kepemimpinannya sudah mulai menunjukkan keangkuhan… yg nanti Ujung2nya ehem2 pengen tau coba amati tingkah laku org dekatnya.. dan bgmn perencanaan Pembangunannya sudah kah selesai …..??? skrng kita lihat giliran dari Bang Zul.. Apa yg ada Buka mata buka telinga lihat Kota2 yg terbentuk ditahun 2003 di indonesia APBD nya tahun 2010 sudah kisaran 500M sementara Psp dibawah 350 M

  6. apakah sampai tahun 2011 perpustakaan umum blum ada juga di sidimpuan??
    diharapkan balasannya untuk kebutuhan penelitian..
    makasih..

  7. bukan kami gak mau pulang untuk mengabdi ditano ta nauli, kami rindu ,kami ingin mencerdaskan sadaurakami yang di kampung, Tapi KAMI GAK PUNYA TEMPAT di SANA dengan modal cinta daerah TANPA EMBEL-EMBEL UANG, Diperantauan karya kami di hargai dan memiliki kebebasan berbicara. Meskipun kami jauh hati kami tetap disana ,dan dari jauh kami akan selalu memberikan kritik dan saran yang membangun untuk daerah kita cintai. MARI KITA SAMA-SAMA MEGAWAL JALANYA PEMBANGUNAN PEMERINTAHAN SEHINGGA TERCAPAI MAIAS. SALAM DAMAI

  8. Pak Walikota Padangsidimpuan yang terhormat,

    LURAH PUNGLI MASYARAKAT

    Ijinkanlah saya menyampaikan beberapa hal menyangkut Kelurahan Bt.Ayumi Jae.

    kami masyarakat Bt. Ayumi Jae mengeluhkan dengan sikap LURAH yang ada di Kelurahan kami… dimana oknum Lurah sering membuat pungutan untuk pengurusan Administrasi mulai dari membuat surat Keterangan kurang mampu, surat keterangan usaha, KTP, dan surat lainnya. dan bila biaya administrasi tdk di bayar lurah enggan untuk menandatangani berkas tsb.

    sedikit saya tambahkan disini bahwa kami masyarakat kelurahan Bt.Ayumi Jae 85% adalah pendukung Bang Zul….

    Kami Mohon kepada Bapak Walikota untuk segera menindaklanjuti Lurah tsb, dan segera turun ke kelurahan kami serta menanyakan langsung kepada masyarakat betul atau tidaknya perbuatan lurah tsb, Terimakasih

  9. Bung Chandra … perbaikan penerimaan PNS itu hrs dilakukan ke depan itu semua tercantum dalam VISI MISI dan program..klo itu dilupakan terjadilah penerimaan PNS yg tdk berkalitas karena caranya tidak juju dll seperti yg anda sebutkan.. semua harus ada pedoman dalm bertindak .. jadi perlu sdr ketahui “Apa yg anda sebutkan utk SDM yg berkulitas tdk akan tercapai klo tdk dituangkan dlm suatau perencanaan telah diformalkan. klo itu tdk ada AMBURADUL.. karena tidak ada alat ukurnya Coy.. dan para penguasa bisa berdalih utk lolos dari tututan masyrakat.. berpikirlah secara objektif dan intelek… Mengelola Pemerintahan bukan semudah membalik Telapak tangan… JAngan hanya kritik aja donk tapi beri SOLUSI penyelesaian… Apalagi Anda sampai menyebut TAI ANJING.. semua bisa ngomong tapi klo anda duduk disitu mungkin kaki anda juga ikutmenguras???

  10. aduh……………………, mikirin SDM dan visi misi / moto ?
    basih …………………., yang perlu di tonjolkan sekarang adalah birokrasi pada sistem pemerintahan itu sendiri, perhatikan saja dengan leluasa para PNS yang sering mangkal di lopo kopi dan pusat perbelanjaan pada saat jam kerja, itu yang namanya ABDI Negara…….., Tai Anjing…………………., mana Bentuk dari ABDI Negara Itu, cuma selogan semata, anggar pakaian Dinas doang, otak masih DOS.
    Bagai mana tidak, Kelulusan CPNS 2009/2010 banyakan Otak jongkok Hepeng Hapal, Deking Godang?, SDM yang berkualitas tersingkir dengan SDM yang Loyalitasnya memiliki kaum family pejabat.
    coba seleksi CPNS diadakan dengan cara jujur, adil, murni dan bijak sana.
    Semua cita – cita SDM yang berkompeten di kota padangsidimpuan teraspirasi untuk mensejahterakan, menyamankan kota ini, pembangunan terorganisir, pendidikan pastinya dong………….. Ter…………….Kompeten, banyak sekali putra putri daerah kita yang bercita – cita memajukan daerahnya dengan semangat dan kualitas Skill yang mampu dan bertanggung jawab sebagai SDM yang bermutu dan beridiologi.

  11. VISI MISI tdk bisa dilupakan itu harus diwujudkan dalam bentuk RPJMD dan harus dilaksanakan sebagai ALAT UKUR keberhasilan.. klo tdk Mampu melaksanakan VISI MISI silahkan GO TO HELL ,, memang saya akui PRESTASI PEMKO PSP NOL BESAR perkembangan PSP hanya secara ALAMIAH sesuai dgn PETUMBUHAN PENDUDUK jadi tdk ada yg bisa diBANGGA kan tapi APA boleh Buat Masyrakat telah memilih sendiri WAKO/WAWAKO kalau kita MAJU sebagai calon gak ada dukungan PARTAI.. karena sy dah pernah coba melihat peluang ITU tapi semua harus pake uang yng tidak sedikit.. yah daripada main judi dgn taruhan melebihi belanja RT walikota selama lima tahun yahh gak lah ye …

  12. Lupakan Visi dan Misi karena itu hanya sekedar pengantar saja, kalau sudah terpili maka yang penting GIZI yakni bagaimana aku ngembalikan modal ku. Coba tengok adakah yg berubah di kota Padang Sidempuan ? APBD nya cuma Rp. 344 M dan hampir 80 % sumbernya dari DAU lhaa… berapa PAD nya ? artinya, tanpa droping dana dari Pusat boleh dibilang kota PSP loyo dan tiarap ! atau bisa jadi DAU itu 100 % cuma buat belanja pegawai. Adakah pemimpin hasil Pilkada yg betul-2 memperhatikan daerahnya agar maju dan berkembang ?, bagaimana meningkatkan SDM, Meningkatkan pencapaian PAD, pertumbuhan ekonomi yg tinggi, mengurangi angka kemiskinan ? kayaknya Pak Walkot tak mengerti itu….. pemimpin sekarang cuma sibuk cari kekayaan sendiri !

  13. Yg pertama kita uji Misi peningkatan SDM.. lihat di RPJMD nya apTujuan dan sasaran Misi tersebut dan apa indikator keberhasilannya serta perlu kita uji lebih lanjut apa program dan kegiatan yang mendukung keberhasilan misi tersebut.. jadi klo ini tdk ada di RPJMD yang berarti WALIKOTA hanya OMDO (Omong Doang) di PILKADA atau Visi Misinya di kontrakkan ke konsultan dan pak WAKO tidak menegrti maknya sehingga dalam RPJMD tidak diadopsi karena emang pak WAKo tdk tahu kan jabatan sudah BERHASIL diperolah jadi yg diatas kertas yahhh nantia aj urusannya di LKPJ 5 tahunan wong yg dijawab di LKPJ juga sangat kualitatif berati panggil lagi konsultan supaya bisa bermain di BAHASA yg MANIS dgn istilah yg keren seolah ber INTELEGENSIA yang tinggi yg pada akhirnya anggota DPRD pusing bacanya klo di tanya malah takut dikatakan orang BODOHHH… ha ha ha h itu trik utk pemimpin yg PINTARRRRRRRR alias SUPERIOR

  14. memang benar adanya. tapi kalau saya perhatikan memang banyak putra daerah yang pintar2. tapi rata2 mereka semua diperantauan. sayang, entah apa sebabnya mereka tidak mau bekerja dan mengabdi didaerah atau kampung halamannya ini. menurut saya inilah salah satu hal yang perlu kita pikirkan bersama. mengapa???

  15. Buat Pak Hendrikus Pangaribuan, salam kenal dari saya…

    Saya sangat setuju dengan apa yang telah bapak paparkan. Jujur saja, semenjak dimekarkannya Kota Padangsimpuan saya belum melihat adanya perubahan dibidang peningkatan SDM ( Sumber Daya Manusia). Padahal peningkatan SDM di daerah Kota Madya untuk menghadapi era globalisasi sangat diperlukan.

    Sebagai putra daerah Kota Padangsidimpuan, saya siap membantu peningkatan SDM khususnya dibidang IT. Baik itu peningkatan SDM untuk individunya, peningkatan fasilitas pemerintahan yang berkaitan dengan dunia maya (internet). Tapi ini semua kembali kepada pemerintahan, apakah mau memperhatikan hal tersebut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*