Sutradara Sengaja Pilih Pemain Asing Untuk Film ‘Obama Anak Menteng’

Bandung – Film ‘Obama Anak Menteng’ digarap dengan hampir semua pemain berasal dari luar negeri. Sutradara mengaku sengaja melakukan hal tersebut.

Pemilihan bintang-bintang asing di film tersebut dilakukan agar kisah Obama lebih nyata. Mesk tinggal di Indonesia, ibunda Obama seorang asing dan ayahnya juga piawai berbahasa Inggris..

“Kalau kita lihat, kita memang mencari dari yang mamanya bule, papanya berkulit hitam dan dari kemampuan bahasa juga dia bisa bahasa inggris dan Indonesia,” ujar sang sutradara Demian Dematra ketika berbincang dengan detikhot di sela-sela syuting di Jl Lapang Supratman,Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini.

Hasan Faruq Ali yang juga bocah kelahiran Amerika dipilih sebagai bintang utama. Clara Lachelle, bule berdarah Inggris, Prancis, dan Belanda, memerankan tokoh ibunda Obama, Ann Dunham. Sementara karakter Lolo Soetoro, ayah tiri Obama diperankan seorang pria Indonesia yang lama tinggal di Belgia.

Damien juga menolak untuk memakai aktor dan aktris yang punya nama di dunia hiburan. Semua pemain di film tersebut adalah pemain baru kecuali Teuku Zacky yang menjadi Turdi, orang kepercayaan keluarga Obama. Ini pertama kalinya Zacky berlaga di film Indonesia.

“Tujuan kita memang sengaja nggak pakai bintang-bintang terkenal, kecuali Teuku Zacky. Pertimbangannya adalah, jangan sampai kebintangan mereka mengalahkan karakter ceritanya yang real. Karena inikan kisah nyata,” jelas Damien.

Baca Juga :  Pemerintah Akui Pelaku Kekerasan Papua Oknum TNI

Film ‘Obama’ Dibuat Tanpa Campur Tangan Amerika

Bandung – Sutradara Damien Dematra memfilmkan masa kecil presiden Barack Obama ketika tinggal di Indonesia. Penggarapan film tersebut tanpa campur tangan pemerintahan Amerika.

Semua berawal ketika Damien berbincang dengan rekan-rekannya di kedutaan Amerika. Ia pun secara iseng mengajukan diri untuk membuat film tentang Obama. Ide tersebut disambut baik dan Maret 2010 buku ‘Obama Anak Menteng’ dirilis.

“Ini ide saya aja. Kadang ide saya muncul dari iseng aja. Mereka (pemerintah Amerika) support informal, memberikan dukungan moril untuk project ini bisa berlangsung,” ujar Damien ketika berbincang dengan detikhot di sela-sela syuting di Jl Lapang Supratman,Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini.

Obama rencananya akan berkunjung ke Indonesia pada 15 Juni mendatang. Buru-buru Damien pun menyelesaikan film tersebut. Ia berupaya agar Obama bisa sempat menyaksikannya.

Rencananya ketika Obama datang, Damien akan mengadakan acara rilis buku, pameran lukisan Obama dan premier film. Semua program tersebut masuk dalam acara penyambutan Obama. Lalu berapa besar biaya yang dihabiskan untuk film ‘Obama Anak Menteng’ ini?

“Aduh kalau untuk itu yang berhak ngomong pak Raam Punjabi, beliau kan produsernya,” jelas Damien.

Sumber: http://movie.detikhot.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  "Reshuffle" Menggusur 8 Menteri, Menggeser 4 Menteri

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*