Swiss Bekukan Aset Khadafi

Pemerintah Swiss mengeluarkan perintah untuk membekukan aset yang diperkirakan dimiliki oleh pemimpin Libya Moammar Khadafi dan kroni-kroninya. Hal serupa juga dilakukan oleh Pemerintah Inggris.

“Pemerintah Swiss mengecam penggunaan kekuasaan yang dilakukan pemimpin Libya terhadap rakyat sendiri,” ungkap pihak Kementerian Luar Negeri Swiss seperti dikutip AFP, Jumat (25/2/2011).
“Atas pandangan tersebut pemerintah memutuskan memblokir terhadap seluruh aset yang diperkirakan dimiliki oleh Moammar Khadafi dan pejabatnya yang disimpin di Swiss,” lanjut pernyataan Kemlu Swiss.
Pemerintah Swiss juga ingin menghindari ketidakpatutan dari aset milik Libya yang mungkin masih berada di Swiss.
Bank sentral Swiss mengatakan total transaksi bank antara negara tersebut dengan Libya mencapai 613 juta Swiss Franc, termasuk dengan dana tambahan yang berasal dari transaksi pegadaian yang mencapi 205 juta Swiss Franc.
Langkah yang diambil ini, berkaitan dengan meningkatnya kecaman dan tuntutan pemutusan hubungan diplomatik terhadap Libya dari negara-negara di dunia. Inggris pun dikabarkan telah membekukan aset yang dimiliki keluarga Khadafi di negara tersebut. (okezone.com)
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*