Syarat Jadi Calon Kepdes Cukup Lulusan SLTP

Padangsidimpuan. Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kota Padangsidimpuan mulai memasuki tahapan pada Juli 2015 dan hari H pelaksanaan direncanakan Oktober 2015 mendatang. Untuk persyaratan pendidikan cukup tamat SLTP.
“Tahapan pelaksanaan pilkades sudah harus dimulai enam bulan sebelum masa jabatannya habis, dimana untuk 42 desa yang ada di Kota Padangsidimpuan akan melaksanakan pilkades tersebut,” kata Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Kota (PMK) Padangsidimpuan, Drs Sahrul Efendi Tanjung, melalui Kabid Pemdes/Kel, Afdal SH,Selasa (4/8).

Dikatakan, sekitar 40 persen di antaranya sudah dijabat Pelaksana Kepdes dan pada Desember mendatang seluruh masa jabatan Kepdes di Kota Padangsidimpuan sudah habis.

Untuk ikut dalam Pilkades, kata Afdal calon Kepdes minimal lulusan SLTP, berusian 25 tahun dan sudah berdomisili di desa tersebut minimal 1 tahun dibuktikan dengan KTP, jika balon tersebut seorang PNS harus mendapat izin dari kepala daerah dan bila terpilih maka akan diberhentikan sementara atau bila sudah memasuki usia pensiun dapat mengajukan permohan pensiun sementara bila pegawai perusahaan mendapat izin dari pimpinan perusahaannya.

Sementara, aturan main yang dibuat pada pilkades ini hampir sama seperti calon kepala daerah dimana bila sampai habis masa pendaftaran hanya satu calon yang mendaftar (calon tunggal) maka waktunya ditambah dan bila tetap calon tunggal maka akan ada kebijakan dari Kepala Daerah dalam hal ini walikota.

Baca Juga :  Ruang Tahanan Sibuhuan Over Kapasitas

Untuk itu Afdal mengharapkan yang berminat menjadi Balon dalam Pilkades untuk segera melengkapi persyaratan administrasi pendaftaran dan kepada warga desa dapat memilih pemimpin yang amanah, dapat meningkatkan derajat dan perekonomian masyarakatnya agar sejalan dengan misi dan program pemerintah.


MedanBisnis – (ikhwan nasution)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*