Tahalak Aek Mardogu Bantu Petani Arse

SIPIROK-Pemabangunan tahalak (irigasi) Aek Mandogu Saba Julu di Dusun Gunung Manaon, Desa Pardomuan Kecamatan Arse, Tapsel mulai dilaksanakan. Nantinya diyakini sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan prodeuksi pertaniannya. Kepala Desa Pardomuan Syaipul pada METRO Sabtu (6/8) mengatakan, tentunya dengan dibangunnya tahalah secara permanen akan sangat membantu sekitar 60 KK warga Dusun Gunung Manaon memiliki lahan di Saba Julu untuk meningkatkan hasil pertaniannya ke depan.

“Di Saba Julu ada sekitar 15 ha lahan pertanian, dengan dibangunnya tahalak tersebut tentu kami sangat terbantu dan sangatberterima kasih atas perhatian pemerintah,” katanya. Kondisi tahalak yang ada selama ini sudah mengalami kerusakan dan tak berfungsi lagi. Bahkan selama lebih dari 15 tahun terakhir kondisinya tak berfungsi akibat jebol, sehingga untuk mengairi areal persawahan terpaksa warga membuat tahalak seadanya dari bahan kayu, rerumputan dan tanah. Itupun setiap hujan deras akan jebol.

Maka, dengan perhatian pemerintah dengan membangun tahalak tersebut telah membuat warga setempat merasa lega karena diyakini akan mampu memberikan pasokan air yang memadai dan proses pertanian akan berjalan dengan baik dan lancar bahkan akan lebih mudah diterapkan pola tanam 2 kali setahun ke depannya. Pantauan METRO  Sabtu (6/8) tampak aktivitas para pekerja dalam pembangunan rehablitasi saluran irgasi (tahalak) yang menelan biaya Rp481.951.000  telah berlangsung sekitar 2 bulan terakhir sangat potensial untuk meningkatkan hasil pertanian di wilayah Saba julu tersebut. (ran/mer)

Baca Juga :  Isu Jual Kursi CPNS Merebak di Palas - S1 Rp. 100 Juta, SMA Rp. 60 Juta

metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*