Tahun 2011 UMP di Jakarta Naik Menjadi Rp 1.290.000

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menaikkan upah minimun provinsi (UMP) pada tahun 2011 sebesar 15 persen dari UMP saat ini yang sebesar Rp 1.118.009 per bulan menjadi Rp 1.290.000.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta Deded Sukendar di Jakarta, Jum’at (26/11/2010) mengatakan kenaikan UMP ditetapkan oleh Dewan Pengupahan yang terdiri atas unsur pemerintah, perusahaan dan serikat pekerja, dan unsur pemerintah berisi perwakilan dari pemerintah, pakar dan akademisi.

“Kenaikan itu dua kali lebih tinggi dari permintaan yang disampaikan serikat pekerja di Jakarta, yakni sebesar 7,15 persen atau Rp 1.197.000,” katanya di Balaikota.

Dewan Pengupahan merekomendasikan kenaikan UMP tersebut kepada Gubernur DKI untuk ditetapkan dalam bentuk peraturan gubernur (Pergub) tentang kenaikan UMP 2011.

“Pada prinsipnya, Pemprov itu ada di tengah-tengah antara pekerja dan pengusaha. Kami tidak bisa intervensi dalam penetapan kenaikan jumlah UMP DKI 2011. Karena untuk penetapan itu harus mempertimbangkan juga keseimbangan produktifitas perusahaan,” katanya.

Penetapan UMP nantinya akan mempertimbangkan kebutuhan hidup layak (KHL) di Jakarta sehingga diharapkan sesuai dengan pemenuhan kebutuhan keluarga oleh pekerja dan tidak memberatkan bagi pengusaha.(berita8.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  KPK Senang Draf Revisi UU Tipikor Ditarik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*