Tahun Ini, 14 Daerah Irigasi se-Paluta Diperbaiki

Paluta, Dalam mendukung peningkatan produksi padi petani, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) akan memperbaiki 14 daerah irigasi dan bendungan yang tersebar di 9 kecamatan tahun ini.

“Tahun 2014 kita akan memperbaiki 14 daerah irigasi yang tersebar di beberapa kecamatan,” kata Kepala Dinas PU Paluta Edi Saleh Lubis melalui Kabid Pengairan M Nuh Pulungan ST, kepada Analisa, Kamis (19/6).  Dikatakan, 14 daerah irigasi yang akan diperbaiki tahun ini menggunakan dana alokasi khusus (DAK), BDB dan DAU dengan berbagai tipe pengerjaan baik rehab ringan maupun berat yang merata diseluruh wilayah Paluta.

“Infrastruktur irigasi/bendungan yang akan diperbaiki ini semata-mata untuk mendukung sektor pertanian di kabupaten Paluta. Dengan diperbaikinya daerah irigasi ini diharapkan menunjang hasil tanaman pangan, di wilayah masing-masing,” ungkapnya.

Ke-14 daerah irigasi yang akan diperbaiki, di antaranya rehab daerah irigasi yang dibiayai dari anggaran DAK yakni, rehab Aek Batang Ilung Desa Hajoran, Kecamatan Padang Bolak, rehab daerah irigasi Aek Siala Purbasinomba, Kecamatan Padang Bolak, rehab daerah irigasi Aek Mual Nauli Desa Batu tambun, Kecamatan Padang Bolak, rehab daerah irigasi Balakka, rehab daerah Aek Sirumambe Desa Sidongdong, Kecamatan Hulu Sihapas, rehab daerah irigasi Batugana, rehab daerah irigasi Desa Simaninggir Saba lobu, Kecamatan Batang Onang, rehab daerah irigasi Aek Lubok Simundol.

Baca Juga :  Pasca bentrokan Polisi berikan penyuluhan hukum di Madina

Sedangkan rehab daerah irigasi yang berasal dari BDB diantaranya rehab bendungan/daerah irigasi Simaninggir, Desa Simaninggir, Kecamatan Batang Onang dan rehab daerah irigasi Hajoran, Kecamatan Padang Bolak Kemudian rehab daerah irigasi Batugana, Kecamatan Padang Bolak Julu.

Sedangkan rehab daerah irigasi yang berasal dari DAU diantaranya rehab daerah irigasi sialang Kecamatan Padang Bolak Julu, rehab daerah irigasi Balimbing Kecamatan Halongonan dan rehab daerah irigasi Simaninggir Saba Rodang Kecamatan Batang Onang.

Terpisah, salah seorang warga Batang Onang, Taufik Siregar mengungkapkan perbaikan irigasi diwilayah Kecamatan Batang Onang memang dibutukan petani, mengingat selama ini kebutuhan air sangat penting untuk mengairi tanaman pangan di masing-masing desa di wilayah Batang Onang.

“Kita apresiasi kepada Dinas PU yang telah peduli akan perbaikan jaringan irigasi di Batang Onang, semoga setiap tahunnya pembangunan di Batang Onang terus digenjot” harapnya. (ong)/(Analisa).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*