Tak Ada Bidan di Desa Aek Jangkang

PADANGBOLAK-Sebanyak 324 kepala keluarga (KK) di Desa Aek Jangkang Kecamatan Padang Bolak, Padang Lawas Utara (Paluta) berharap adanya penempatan bidan desa di desa mereka. Pasalnya, bidan desa yang selama ini bertugas di desa mereka, sudah lulus diterima menjadi CPNS, namun hingga saat ini belum ada yang menggantikannya.

Kepala Desa Aek Jangkang, Guntur Alamsyah Harahap kepada METRO, Kamis (28/4) mengaku, kekosongan bidan desa di desanya sudah sejak setahun lalu. Namun, hingga saat ini belum ada penggantinya. “Sudah satu bulan lebih bidan desanya diterima PNS, dan belum ada penggantinya,” ucapnya.

Guntur menambahkan warganya mengaku kesulitan jika akan berobat, bahkan harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk menuju Puskesmas. “Kalau gini terus, kasihan warga, masa harus berobat dan melahirkan harus ke desa tetangga lain untuk menemui bidan,” tambahnya.

Selain bidan desa yang dibutuhkan, sambungnya, warganya juga membutuhkan Polindes. “Kami  sudah beberapa kali mengajukan permohonan agar ada penempatan bidan ke Desa Aek Jangkang. Hingga saat ini belum ada juga realisasinya. Sebagai upaya untuk mengatasi masalah itu, kita telah mengajukan usulan dan menjadi sangat prioritas agar Pemkab Paluta segera membangun Polindes dan menempatkan bidan desa lagi ke desa ini,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Paluta, H Darwin Harahap SSos berjanji akan mengupayakan pendirian Polindes dan menempatkan bidan desa di seluruh wilayah Paluta. Hal ini sesuai dengan permohonan warga demi  menciptakan kesehatan di Kabupaten Paluta. (thg/mer)

Baca Juga :  Real Madrid Vs Atletico: Derby Liga Champions Terpanas

Sumber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*