Tak Ada Solusi Untuk Petani Jahit Mulut

Aksi mogok makan Widya Tak Ada Solusi Untuk Petani Jahit Mulut
(WOL Photo/Indra Widyastuti)

MEDAN – Aksi mogok makan dan jahit mulut belasan petani Padang Lawas (Palas) di depan Gedung DPRD Sumut hingga kini masih berlangsung. Namun, belum ada solusi untuk mengatasi persoalan tersebut.

Belasan petani asal Palas masih  bertahan di depan gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan. Tidak hanya tidur di tenda, mereka juga melakukan kegiatan mandi, cuci, kakus (MCK) di gedung dewan. Bahkan, pemandangan tidak nyaman juga terlihat di pagar gedung dewan yang dijadikan para petani sebagai jemuran pakaian.

Mereka juga beberapa kali menggelar aksi untuk mengetuk wakil rakyat atas nasib mereka. Disisi lain, Pemprov Sumut hingga kini belum memiliki solusi atas tuntutan warga Palas tersebut. Padahal, aksi ini sudah berlangsung hampir tiga pekan.

Pemprov Sumut justru berharap agar mediasi oleh DPRD sumut menjadi solusinya. “Pemprovsu justru berharap agar mediasi oleh DPRD sumut,” kata Sekretaris daerah Pemprov Sumut, tadi siang.

Nurdin juga tidak mampu merinci upaya Pemprovs untuk percepatan penyelesaian masalah. Namun, dia juga mengharapkan instansi penegak hukum untuk menyelesaikannya.

Seperti diketahui, aksi mogok makan dan jahit mulut dilakukan warga Palas hampir tiga pekan. Aksi ini sebagai bentuk protes mereka atas penyerobotan lahan mereka oleh perusahaan perkebunan swasta yang disertai penangkapan rekan mereka Sinur Situmorang oleh Polres Tapanuli Selatan.

Baca Juga :  Pengalihan Angkutan Umum ke Terminal Hutaimbaru Terkendala Izin AKDP

Sumber: waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*