Tak Ingin Cepat Loyo? Hindari Makanan Ini

Aktifitas sehari-hari dapat menguras energi. Namun seringkali, konsumsi makanan yang seharusnya untuk memulihkan pasokan bahan bakar tubuh justru membuat badan kian loyo. Akibatnya, tubuh menjadi tidak fit dan gampang terserang penyakit.

Untuk mengantisipasi hal ini ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk mendongkrak semangat, yaitu:

Jauhi makanan olahan

Makanan olahan biasanya mengandung sedikit serat dan lebih banyak gula yang dapat menaikkan kadar gula darah. Konsumsi gula sangat terkait dengan masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung, serta dapat menghambat metabolisme bila dikonsumsi berlebihan.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Physiology & Behavior menemukan bahwa tikus menjadi lesu ketika diberi makan diet rendah lemak tapi tinggi gula dan tepung. Studi lain dari tahun 2012 menemukan bahwa makanan olahan dapat memperlambat kerja otak.

Hindari gorengan dan kafein

Makanan yang digoreng akan membuat kita mengantuk karena sistem pencernaan kita harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk memproses lemak di dalamnya. Gorengan juga sarat dengan minyak dan lemak trans. Makanan yang digoreng dapat menyumbat arteri dan mencemari sel-sel darah.

Kafein juga harus dihindari karena meskipun kafein mampu menstimulasi tubuh agar lebih bersemangat tapi lama kelamaan tubuh akan terasa lebih lelah. Jadi abaikan minum kopi, sebagai gantinya Anda dapat menikmati secangkir teh.

Baca Juga :  Obat Kuat Sildenafil Sitrat Banyak Dipalsukan

Konsumsi makanan yang kaya zat besi
Mengkonsumsi makanan sumber zat besi seperti daging sapi, ikan, kacang-kacangan, unggas, dan sayuran hijau membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Zat besi merupakan mineral penting yang membantu membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, menurut Centers for Desease Control. Kalau kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, efeknya mungkin tubuh akan merasa dingin, lemah, dan lelah.

Cukup istirahat
Selain makanan, istirahat yang cukup juga membantu mencegah tubuh tampil loyo. Tidur adalah salah satu cara untuk menggembalikan energi yang terbuang. Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua membutuhkan 30 menit lebih lama untuk tidur dibandingkan orang dewasa yang lebih muda.

SUMBER

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*