Tak Libatkan Masyarakat Kelola DAK Sekolah – Bupati Didesak Ganti Kasek Mosa Julu

Sumber: www.metrosiantar.com

TAPSEL-METRO; Warga Mosa Julu, Desa Gunung Baringin, Kecamatan Angkola Selatan, Tapanuli Selatan menyurati Bupati Tapsel, Ongku P Hasibuan, Senin (6/10) bermaksud bupati mengganti Kepala Sekolah SDN 100440 Mosa Julu, Nurhamima Harahap karena tidak melibatkan masyarakat serta mengambil inisiatif sendiri dalam penunjukan kepal tukang.

Surat yang ditandatangani Kepala Desa Mosa Julu, Iran Soleh Harahap dan sekitar 37 warga tersebut berisikan keberatan dan tidak menyetujui tindakan kepala sekolah dalam kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk rehabilitasi sekolah tersebut. Di mana dikatakan Iran Soleh, perbuatan Kasek SD Mosa Julu, Nurhamima Harahap sudah menyimpang dari peraturan dan tidak sesuai dengan petunjuk juknis dalam kegiatan DAK untuk rehabilitasi sekolah SDN Mosa Julu.

Dalam surat tersebut ada 4 poin alasan keberatan yang disampaikan warga. Pertama, Kasek dinilai tidak melibatkan masyarakat dalam pengawasan DAK dan kasek juga dinilai tidak paham arti swakelola yang diterapkan juknis DAK. Artinya, kata Iran, Kasek menentukan sendiri kepala tukang dalam kegiatan rehabilitasi sekolah.

“Maka dengan ini kami tidak menyetujui Saud Hadamean Siregar sebagai kepala tukang SDN Mosa Julu, Kecamatan Angkola Selatan karena bukan hasil musyawarah. Dan masyarakat Desa Gunung Baringin tidak pernah merasa akrab dengan Kasek SDN Mosa Julu karena sifatnya yang angkuh dan tidak menjalin hubungan baik dengan masyarakat,” kata Iran.

“Bila Bapak Bupati Tapsel berkenan mohon kiranya dilakukan pergantian Kasek atau setidaknya memberikan teguran atau peringatan keras agar Kasek SDN Mosa Julu merubah sikapnya yang sombong dan kami tetap mendukung Bupati Tapsel melanjutkan pembangunan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Tapsel, Marasaut kepada METRO, Senin (6/10) melalui telepon selulernya mengatakan bahwa mengenai penunjukan kepala tukang untuk proyek DAK adalah keputusan bersama antara sekolah dengan masyarakat bukan ada arahan dari Disdik. Begitupun dirinya menyarankan untuk menanyakan langsung hal tersebut kepada Kasek yang bersangkutan.

Begitu juga halnya dengan Ketua Panitia DAK, Hj Masni Harahap dan Sekretaris, Pulungan dimana keduanya mengatakan bahwa mereka tidak ada mengarahkan oknum-oknum tertentu untuk menguasai atau mengerjakan DAK di Tapsel.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Badan Pemantau Pelaksana-Pendapatan Asli Daerah (BP2-PAD) Indonesia, Tapsel-Psp melalui bendahara, Fahri Siregar SSos menduga bahwa penunjukkan kepala tukang untuk mengerjakan proyek DAK bukan berdasarkan swakelola antara sekolah, komite sekolah, masyarakat dan kepala sekolah. Ia menduga Disdik Tapsel mengarahkan sejumlah oknum-oknum tertentu untuk mengerjakan DAK tersebut.

Hal ini, kata Fahri bisa dibuktikannya dengan surat keberatan masyarakat Mosa Julu, Desa Gunung Baringin, kepada Bupati Tapsel perihal keberatan warga yang merasa tidak dilibatkan oleh Kasek SDN Mosa Julu untuk rehabilitasi sekolah tersebut, serta menunjuk kepala tukang tanpa melakukan musyawarah dengan masyarakat.

“Jika dari awal saja sudah ada dugaan pengarahan yang dilakukan oleh Disdik bagaiamana tujuan dan manfaat DAK. Padahal program ini swakelola yang artinya seluruhnya diserahkan kepada sekolah dan masyarakat. Tapi kita lihat bagaimana kekecewaan dan keberatan masyarakat Mosa Julu,” pungkas Fahri.

Di lain tempat Ketua Lembaga Multi Swadaya (LMS)-Citra Nasional (LMS-CN), Sugiono SP menambahkan bahwa pelaksanaan DAK pendidikan di Tapsel sosialisasi yang dilakukan Disdik Tapsel tidak tepat sasaran karena ada beberapa faktor yang lari dari Kepmendiknas Nomor 3 Tahun 2009. (phn)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Tak Libatkan Masyarakat Kelola DAK Sekolah   Bupati Didesak Ganti Kasek Mosa Julufacebook Tak Libatkan Masyarakat Kelola DAK Sekolah   Bupati Didesak Ganti Kasek Mosa Julutwitter Tak Libatkan Masyarakat Kelola DAK Sekolah   Bupati Didesak Ganti Kasek Mosa Jululinkedin Tak Libatkan Masyarakat Kelola DAK Sekolah   Bupati Didesak Ganti Kasek Mosa Juluemail Tak Libatkan Masyarakat Kelola DAK Sekolah   Bupati Didesak Ganti Kasek Mosa Juluprint Tak Libatkan Masyarakat Kelola DAK Sekolah   Bupati Didesak Ganti Kasek Mosa Julu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*