Tambang Martabe Gelar Pekan Posyandu 2014

Batangtoru,  Tambang Emas Martabe bekerjasama dengan Puskesmas Batangtoru serta Pus­kesmas Muara Batangtoru menggelar Pekan Posyandu, 7-23 Juni 2014.

Puncak acara pekan pos­yandu 2014 itu berupa pe­ngumuman para pemenang, yang digelar di Terminal Mar­tabe Permata Camp Desa Aek Pining Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapsel, Selasa (24/6).Hadir dalam acara puncak tersebut Ketua TP PKK Ka­bupaten Tapanuli Selatan (Tap­sel), Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Syaufia Lina me­nyampaikan, apresiasi tinggi terhadap Tam­bang Emas Martabe dalam meningkatkan kapasitas bidan desa dan posyandu.

Dikatakan, pekan posyandu ini me­rupakan sarana memo­tivasi para Bides dan Posyandu dalam meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Semoga para bidan desa dan Posyandu di Kecamatan Muara Batangtoru dan Muara Ba­tangtoru dapat menjadi acuan bidan desa dan posyandu keca­matan lain dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ketua Panitia, Rudi Iskandar me­la­porkan, dalam perlombaan posyandu terbaik diikuti 31 Posyandu.

Lomba balita sehat diikuti 26 anak, lomba Bides Teladan diikuti 33 orang, lomba kader posyandu terdepan diikuti 31 orang dan Cerdas Cermat Pos­yandu diikuti 10 kelompok. Ketua TP PKK Kecamatan Batangtoru, Nyonya AR Nasu­tion dalam sambutannya meng­ucapkan terima kasih kepada tambang Martabe yang telah melaksanakan kegiatan ter­sebut.

“Kegiatan ini sesuai kegiatan PKK Pokja 4 yaitu posyandu dan pelayanan kesehatan ma­sya­rakat.

Baca Juga :  LP-4 ADSU Minta Pemkab Palas Untuk Tidak Bayarkan Jaminan Pemeliharaan Proyek Jalan Pejuang

Dampak Positif

Camat Batangtoru, AR Na­sution me­nuturkan, kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat. “Pos­yandu itu lahir dari, oleh dan untuk masyarakat,” ucapnya.

Senior Manajer Community and General Affairs Tambang Martabe, Stevi Thomas menga­takan, berbagai kegiatan yang digelar dalam pekan posyandu 2014 tersebut antara lain, perlombaan posyandu terbaik, Bides teladan, kader posyandu teladan, cerdas cermat posyandu dan balita sehat.

Peserta perlombaan men­cakup 23 desa/kelurahan di Kecamatan Batangtoru dan 9 desa/kelurahan di Kecamatan Muara Batangtoru. Dewan juri perlombaan dari Puskesmas Batangtoru, Pus­kesmas Muara Batangtoru dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tapsel.

Stevi Thomas mengatakan, pada puncak acara Tambang Martabe juga menyerahkan bantuan 48 set Bidan Kit dan buku pe­nyuluhan kepada selu­ruh desa/kelurahan yang ada di Batangtoru dan Muara Ba­tangtoru.

Bantuan Bidan Kit jum­lahnya di­se­suaikan dengan jumlah bides yang di­tempatkan oleh pemerintah daerah. Bidan Kit diberikan dengan pertim­bangan, hanya 60 persen bides yang memiliki Bidan Kit.

Dari jumlah tersebut, sekitar 75 persen di antaranya kondisi Bidan Kit sudah rusak. Bidan Kit yang diserahkan Tambang Martabe cukup ringan dan praktis, sehingga sangat mudah dibawa-bawa dan lainnya.

“Tambang Martabe sangat gembira melihat antusiasme para peserta dalam mengikuti berbagai perlombaan di pekan posyandu 2014, ini setidaknya menandakan sudah mulai tum­buhnya kesadaran ma­syarakat akan pentingnya posyandu dalam pelayanan kesehatan masyarakat khu­susnya ibu hamil, anak dan lansia,” kata­nya. (hih)/(Analisa).

Baca Juga :  Ikadin: Terkait Pergi ke Batam Lima Hari, Anggota DPRD Kab. Padang Lawas Sakiti Hati Rakyat
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*