Tanggap Darurat Gunung Sinabung Berakhir, 1000-an Pengungsi Dipulangkan

Medan – Setelah sempat diperpanjang satu pekan, masa tanggap darurat bencana Gunung Sinabung dinyatakan berakhir, Minggu (29/9/2013). Para pengungsi yang masih berada di pengungsian akan segera dipulangkan.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Karo, Jhonson Tarigan menyebutkan, rencana pemulangan akan dilakukan pada Senin (30/9/2013). Saat ini posko penanggulangan tengah melakukan berbagai persiapan.

Ilustrasi/ Dok Detikcom

“Besoklah akan dipulangkan seluruhnya. Pengungsi yang masih ada di pengungsian sekarang ini berasal dari tiga desa,” kata Tarigan kepada wartawan Minggu sore di Kabanjahe ibukota Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut).

Disebutkan Tarigan, saat ini ada 1.096 orang pengungsi yang masih bertahan di pengungsian. Mereka berasal dari Desa Bekerah dan Desa Simacem di Kecamatan Naman Teran, serta Desa Suka Meriah di Kecamatan Payung. Ketiga desa ini berada sangat dekat dengan puncak gunung.

Gunung Sinabung meletus pada Minggu (15/9) dan Selasa (17/9). Letusannya menghasilkan asap bercampur abu vulkanik yang menyebar ke sejumlah desa. Akibatnya, pengungsian terjadi dan jumlahnya sempat mencapai 15.691 jiwa.

Semula direncanakan masa tanggap darurat berakhir pada 22 September, tetapi diperpanjang karena kondisi Gunung Sinabung yang belum stabil dan statusnya masih siaga. Kendati masa tanggap darurat diperpanjang, tetapi sebagian besar pengungsi diizinkan pulang, kecuali warga tiga desa yang sangat dekat dengan puncak gunung tadi.detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Dilaporkan ke Kapolri, Jabatan Kapolda Sumut Terancam

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*