Tapsel Coba Produksi Wine dari Salak Merah

TAPSEL – Salak merah memiliki khasiat untuk pengobatan karena mengandung anti oksidan yang sangat tinggi. Selain itu, salak merah yang hanya ada di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ini, lagi dipelajari dan dicoba untuk diproduksi menjadi wine.

Hal ini  dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapsel drh Untung Suandi usai melepas tim Pekan Flora Fauna Nasional (PF2N) Jogjakarta 2013. Di mana, Tapsel mengandalkan makanan olahan berbahan salak dalam mengikuti kegiatan itu.

“Sesuai dengan yang kita ketahui, satu satunya daerah yang mengasilkan salak yang warnanya merah ada di Tapsel. Salak merah ini juga mengandung anti oksidan yang sangat tinggi melebihi kandungan yang dimiliki buah lain,” terangnya.

Sehingga sebutnya, orang yang kurang sehat atau usia lanjut sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jenis salak tersebut. “Tapi kulit arinya jangan dibuang ketika memakan salak,” jelasnya.

Dikatakan, potensi salak merah yang dimiliki Tapsel tersebut akan terus dikembangkan menjadi bahan dasar berbagai makanan dan minuman yang bernilai ekonomis sehingga ke depan Tapsel terus maju dan sejahtera bersama sentra pengolahan salak.

“Sedang kita pelajari dan coba memproduksi wine salak merah, sesuai dengan hasil penelitian, kualitas wine salak yang kita produksi masih lebih rendah jika dibandingkan dengan yang ada di Karang Asem Bali. Mungkin karena mereka memiliki kerja sama dengan pihak Australia. Dan, itulah salah satu tujuan utama kita mengikuti PF2N ini, utnuk mengetahui bahan permentasi yang digunakan untuk pembuatan wine tersebut,” terangnya mengakhiri. (ran). metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Hasil Riset Satu Zona Waktu, Bisa Merubah Prilaku Masyarakat Untuk Hemat Energi

1 Komentar

  1. mantap dan bagus penelitian ini..
    sudah saatnya kreatifitas untuk bahan makanan dari salak dibuat sebuat sedemikian rupa, contohnya kerupuk salak merah, kerupuk dalam bentuk2 lainnya…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*