Tapsel Pembina Terbaik PNPM se-Sumut

Bupati: Jadikan Prestasi untuk Prestasi yang Lebih Baik

SIDIMPUAN-Upaya kerja keras dari seluruh pengurus PNPM se-Kabupaten Tapsel selama tahun 2011, berbuah penghargaan sebagai pembina terbaik PNPM se-Sumut. Karenanya, Bupati Tapsel berpesan agar lebih giat lagi untuk memeroleh prestasi yang lebih baik.

Bahkan, Bupati juga mengajak seluruh pengurus PNPM se Tapsel untuk memperbaiki prestasi lainnya hingga ke tingkat nasional dan tidak berpuas diri dengan prestasi yang sudah diraih saat ini. “Jangan berpuas diri dengan apa yang sudah kita raih saat ini. Tapi jadikanlah prestasi yang diraih ini untuk meraih prestasi-prestasi yang labih baik lagi hingga ke tingkat nasional,” ujar Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu dalam arahannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) PNPM se-Tapsel, Selasa (8/5) di Aula MAN 2 Psp.

Soal kesiapan di tingkat nasional, Bupati mengutarakan, tentu Tapsel akan siap. Namun semua itu bukan hal itu yang paling utama, melainkan konsep PNPM di masyarakat bisa terlaksana dan terbangun dengan baik, yaitu dari kita untuk kita dalam arti, sukses melibatkan seluruh pihak dan masyarakat, yang mengambil suatu keputusan melalui jalan musyawarah sebelum menetapkan, program apa yang akan dilaksanakan sesuai prioritas usulan masyarakat desa.

Dari perjalanan program PNPM ini, ungkap Bupati, nilai gotong-royong di tengah-tengah masyarakat semakin tumbuh dan berkembang, suasana harmonisasi di masyarakat terjalin dengan baik, nilai-nilai Pancasila dan adat serta budaya Dalihan Natolu terus tertanam di jiwa masyarakat. Dikatakanya, tujuan dari PNPM ini adalah untuk mengikutsertakan partisipasi masyarakat untuk ikut berperan serta dalam pembangunan, dimana masyarakat langsung dilibatkan dalam pembangunan itu sendiri.

Baca Juga :  Sengketa Pilkada Madina - Penerima Voucher dari Calon 'Nyanyi' di MK

Sehingga, masyarakat sendiri yang merasakan hasilnya dalam hal ini pemerintah hanya memberikan pembinaan. Dirinya berharap, pemerintah pusat bisa mengucurkan dana PNPM ke Tapsel lebih besar dari sebelumnya dimana saat ini dana PNPM untuk Tapsel sebesar Rp28 milliar. Kaban Bapemmas, Rustam Efendi Hasibuan MM menuturkan, prestasi yang diraih bukanlah kerja satu kecamatan, tapi buah kerja dari seluruh pihak yang terkait baik kecamatan, FK, Bapemmas, Faskab dan lainnya dan tentunya dengan arahan dan bimbingan dari Bupati dan juga DPRD Tapsel.

Dikatakannya, sesuai dengan surat pemberitahuan dari Korprov RMC-1, Surya Dharma sesuai dengan rencana kerja yang telah disepakati saat rakorprov dan berikut revisinya, seyogyianya pada trwiwulan I terdapa5 kabupaten yakni Tapsel, Asahan, Serdang Bedagai, Labuhan Batu Selatan dan Gunung Sitoli yang mencairkan dana BLM kegiatan. Namun sampai dengan akhir Maret 2012 atau batas akhir triwulan I hanya Pemkab Tapsel yang dapat merealisasikannya sesuai rencana dan bahkan melebihi target yang direncanakan.

Rustam menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program BLM PNPM ini sehingga meraih sejumlah prestasi begitu juga halnya dengan PKK yang juga meraih sejumlah penghargaan.
Usai acara rakor dilanjutkan dengan acara syukuran atas raihan prestasi penghargaan. Bupati, Ketua DPRD Tapsel, Ketua TP PKK, Hj Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu diberikan kue bolu yang dipotong oleh Kaban Bapemmas yang disaksikan seluruh yang hadir.

Baca Juga :  Lima Jaksa Kejari Padang Sidempuan Dilaporkan

Adapun penghargaan yang diraih oleh Pemkab Tapsel dalam acara Gerakan Bulan Bakhti Gotong-Royong Masyarakat (BBGRM) ke-41 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PPK ke-40 yang digelar di Aek Kanopan, Kabupaten Labura, Selasa (1/5) lalu yang dihadiri oleh Plt Gubsu, Gatot Pudjo Nugroho dan dihadiri seluruh kepala daerah di Sumut.

Tapsel meraih penghargaan bergengsi yakni kategori Pembina terbaik PNPM se-Sumut, Desa Ingul Jae, Kecamatan Tano Tombangan (Tantom) Angkola berhasil meraih juara 1 daerah Tertib Administrasi Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT)  untuk kategori kabupaten/kota se-Sumut, Desa Ingul Jae, Kecamatan Tantom Angkola meraih Harapan 3 Desa Binaan 10 Program Pokok PKK dan Desa Silaiya, Kecamatan Sayur Matinggi juga meraih Harapan 3 Desa Binaan Sepanjang Jalan Protokol atau Desa Menuju Daerah Wisata.  (phn/mer)

Sumber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*