Tapsel, Semua Harus Punya e-KTP

TAPSEL – Semua masyarakat Tapanuli Selatan yang sudah berusia 17 tahun ke atas harus punya Elektronik Kartu Tanda Penduduk atau e-KTP. Ini ditegaskan Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu saat launching e-KTP di Kantor Camat Angkola Barat.

Untuk itu, Syahrul Pasaribu berpesan kepada pihak kecamatan agar memberikan pelayanan maksimal demi suksesnya program pemerintah ini. Di seluruh Indonesia, untuk tahap pertama tahun ini, ada 197 kabupaten/kota yang diberi kesempatan dan menyatakan siap untuk menerapkan e-KTP ini. Di Sumut, dari 33 kabupaten/kota, hanya 14 kabupaten/kota yang ikut serta di dalamnya termasuk Tapsel.

“Untuk suksesnya ini semua, kita harapkan konsorsium yang ditugaskan 1 per kecamatan untuk mendampingi operator yang bekerja hingga program ini selesai. Jaga kesehatan dan fisik, karena tenaga anda sangat dibutuhkan. Kemudian, ketulusan aparat kecamatan, lurah dan kepalas desa untuk mendorong dan memotivasi agar wajib KTP pro aktif dan berbondong-bondong datang ke kantor kecamatan sesuai jadwal yang ditentukan juga dibutuhkan. Kadis capil, camat, lurah dan kades jangan pernah putus komunikasi,” ujar bupati.

Sementara itu, Kadisdukcapil Tapsel Hotma Dalid Harahap dalam laporannya menyampaikan, wajib e-KTP di Tapsel 180.575 jiwa dari total penduduk Tapsel 288.471 jiwa. Pemkab dalam hal ini Disdukcapil bersama camat se-Tapsel adalah melaksanakan program pemerintah pusat untuk melaksanakan pelayanan e-KTP.

Pemerintah pusat melalui konsorsium, sambung Hotma, seharusnya memberikan peralatan e-KTP sebanyak 2 set per kecamatan. Namun, sampai saat ini peralatan yang diterima oleh kecamatan masih belum lengkap, sehingga peralatan yang diterima saat ini baru 7 kecamatan yang bisa dioperasionalkan, yakni Angkola Barat, Angkola Timur, Batang Angkola, Marancar, Arse, SDH dan Tantom Angkola.

Baca Juga :  Hari ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan Palas Memasuki Kantor Baru

Melihat kondisi waktu dan jadwal pelayanan (sekitar 100 hari hingga Desember) yang sudah harus dilaksanakan, pihaknya sudah meminta petunjuk pusat dan pimpinan dengan kesimpulan sambil menunggu kelengkapan peralatan dari pusat, secara simultan akan diberdayakan alat yang datang untuk memberikan pelayanan e-KTP kepada masyarakat.

H Tagor Siregar (67), wajib e-KTP pertama yang memproses penerbitan e-KTP di launching, mengaku senang dengan adanya KTP yang lebih canggih penyimpanan identitas tersebut dan merasa senang. Menurut Tagor, prosesnya lebih mudah dibandingkan proses penerbitan e-KTP lama yang berbelit-belit. (neo)(metrosiantar.com)

Daftar Wajib e- KTP di Tapsel
No Kecamatan Jumlah
1 Angkola Barat 16.562 jiwa
2 Batang Toru 19.716 jiwa
3 Angkola Timur 12.016 jiwa
4 Sipirok 21.833 jiwa
5 SDH 8.843 jiwa
6 Angkola Selatan 17.023 jiwa
7 Batang Angkola 22.702 jiwa
8 Arse 5.944 jiwa
9 Marancar 6.427 jiwa
10 Sayur Matinggi 15.839 jiwa
11 Aek Bilah 6.464 jiwa
12 Muara Batang Toru 7.313 jiwa
13 Tantom Angkola 9.994 jiwa
14 Angkola Sangkunur 11.717 jiwa

Sumber: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*