Tekanan Diplomatik Atas Ketegangan Thailand-Kamboja

TEMPO Interaktif, Preah Vihear -Thailand dan Kamboja menghadapi naiknya tekanan diplomatik hari ini buat mengkhiri bentrok bersenjata di tanah perbatasan di sekitar candi yang berusia 900 tahun. Seperti kemarin, hari ini situasi tenang tanpa tembakan.

Para saksi Reuters menyebutkan sekitar 20 tank Thailand dikirimkan ke sebuah kamp militer di distrik Kantaralak di provinsi Sri Sa Ket, Thailand yang dekat dengan area yang disengketakan. Tapi para pejabat militer Thailand bilang mereka tak menggerakkan pasukannya di area itu.

Thailand dan Kamboja saling menyalahkan telah memprovokasi baku tembak yang telah menewaskan sedikitnya tiga tengara Thailand dan delapan Kamboja sejak Jum’at pekan lalu. Menurut sumber resmi dari kedua pihak, sedikitnya 34 warga sipil Thailand dan 55 Kamboja terluka.

Para diplomat di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan kemungkinan lembaga 15 negara akan membahas soal ketegangan itu pekan depan setelah Washington, Cina, dan organisasi regional Asean melansir pernyataan mendesak kedua pihak untuk menunjukkan itikad baik.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*