Teknologi Bantu Tuna Netra ‘Melihat’ Lewat Lidah

Fransiska Ari Wahyu – detikinet

Dikutip detikINET dari Gizmodo, Jumat (19/3/2010), Kopral muda bernama Craig Lundberg ini kehilangan penglihatan karena terkena granat roket di tahun 2007.

Jakarta – Keajaiban dialami seorang tentara yang kehilangan penglihatan. Dengan bantuan teknologi, kini ia bisa ‘membaca’ kata-kata dan ‘melihat’ dengan lidahnya.

Kemudian ia menggunakan sebuah alat bernama BrainPort yang berupa sepasang kacamata dilengkapi dengan kamera video. Perangkat ini terhubung dengan alat menyerupai lolipop yang diletakkan di mulut.

Dengan BrainPort, apa saja yang tertangkap kamera akan di-convert menjadi sinyal elektrik dan dikirim ke lidah. Kemudian otak akan mengolah sinyal elektrik itu dan menerjemahkannya menjadi gambar.

Perangkat ini memang masih berupa prototipe, tapi sesegera mungkin akan diproduksi. Kehadiran BrainPort akan memberikan harapan baru bagi para penyandang tuna netra untuk bisa melihat. ( faw / fyk )

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*