Tenaga Gizi Sidimpuan, Wakili Sumut ke Istana Negara

Padangsidimpuan, (Analisa). Petugas gizi Puskesmas Padangmatinggi Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan Supiah Seribulan, terpilih mewakili Sumatera Utara (Sumut) untuk menghadiri upacara peringatan 17 Agustus di Istana Merdeka Jakarta.

Demikian Kadis Kesehatan Pemko P. Sidimpuan drg. Doria Hafni Lubis kepada Analisa di kediamannya, Panyanggar Kota P. Sidimpuan, kemarin.

Dikatakan, terpilihnya Supiah mewakili Sumut, setelah melalui beberapa tahapan seleksi yang diadakan di Dinas Kesehatan Sumatera Utara, pada 22 Mei, dia mampu mengalahkan sejumlah perwakilan daerah kabupaten/kota di Sumut. “Sebenarnya, Dinkes Kota P.Sidimpuan mengirim 3 perwakilan untuk mengikuti seleksi, namun yang lulus hanya satu,” ujarnya.

Dijelaskan, hampir setiap tahun para petugas dari Dinas Kesehatan Kota P.Sidimpuan terpilih menjadi perwakilan Sumut untuk ke istana negara. “Dinkes saat ini, terus melakukan motivasi bagi seluruh petugas agar menunjukkan prestasi, sehingga berguna bagi masyarakat dan negara, “katanya.

Diharapkannya, seluruh petugas di ruang lingkup Dinkes Kota Padangsidimpuan dapat termotivasi untuk menjadi perwakilan Sumut ketingkat nasional ke depan.

Terpisah, Supiah Seribulan mengungkapkan judul makalahnya ketika mengikuti seleksi adalah “Posyandu Yang Hijau, Apotik dan Warung Hidup Merupakan Perwujudan UPGK”. “Semua peserta yang mengikuti seleksi harus memaparkan maksud dan tujuan tulisan sesuai dengan judul yang sudah diajukan, “terangnya.

Menurutnya, tujuan mengambil tema itu agar pemanfaatan lahan disekitar posyandu dapat lebih dimaksimalkan dengan menanam tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat baik secara ekonomi, maupun kesehatan.

Baca Juga :  Padangsidimpuan Selatan Tertinggi Belum Rekam e-KTP

“Tanaman yang dapat dimanfaatkan secara ekonomi seperti sayur-sayuran, sehingga kebutuhan petugas posyandu akan sayur-sayuran dapat ditutupi,”sebutnya.

Selain itu, tanaman yang disekitar posyandu juga harus bermanfaat bagi kesehatan, seperti menanam tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan.

“Dalam tulisan itu, saya juga mengajak kepada petugas posyandu agar menanam jahe, dan sejenis tumbuhan lain yang dapat meningkatkan kesehatan, jadikan contoh lingkungan bagi masyarakat,” ajaknya sembari menambahkan selama di Jakarta dia akan mengikuti sejumlah acara seperti kampanye, “Aku Bangga, Aku Tau”. (hih)

Sumber: analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*