Terganggu Limbah Pabrik – Warga Sionggoton Demo PT SSN

Datangi : Ratusan warga Tanjung Botung dan sekitarnya, Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mendatangi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT SSN, Jumat (22/5). Aksi ini digelar sebagai bentuk protes atas limbah milik PKS PT SSN yang telah mencemari lingkungan di desa Sionggoton dan sekitarnya. – (Analisa/tohong p harahap)

Paluta, Ratusan warga Tanjung Botung dan sekitarnya, Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan aksi unjuk rasa di depan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT SSN, Jumat (22/5).

Kedatangan warga mendatangi Pabrik PT SSN ini memprotes gangguan limbah dan bocornya penampungan milik pabrik hingga meresahkan warga. Air limbah Pabrik Kelapa Sawit sangat berdampak bagi warga Desa Tanjung Botung dan sekitarnya. Selain berbau amis, akibat limbah itu air di sungai juga berubah warna menjadi biru pekat.

” Yang punya pabrik (PT SSN) harus bertanggung-jawab. Desa kami sudah menjadi rusak, karena limbah mereka,”ujar koordinator Pamusuk Siregar dipimpin ibu Kepala Desa Tanjung Botung Kasehani Hasibuan dalam orasinya.

Pamusuk menyebutkan limbah Pabrik Kelapa Sawit milik PT SSN telah mencemari sumur-sumur warga di desanya. Air limbah dari sungai, ternyata juga merembes ke sejumlah sumur warga. Akibatnya, sumur-sumur tidak dapat dimanfaatkan lagi. Manajemen perusahaan harus memperbaiki ekosistem di lingkungan kami.

Warga memulai demo ke PKS PT SSN  dengan menumpang mobil bak terbuka dan membawa bendera merah putih sebagai aksi protes terhadap bocornya penampungan limbah pabrik kelapa sawit disekitar pemukiman warga dan belum ada upaya perbaikan.

Baca Juga :  Pemko Dituntut Bijak Pakai Anggaran

Beberapa warga secara bergantian melakukan orasi di depan halaman pabrik hingga akhirnya, perusahaan diwakili Humas Bandung Harahap menerima unjuk rasa warga dan melakukan tatap muka dan dialog.

Tidak puas menerima penjelasan dari pihak Humas itu, akhirnya warga membubarkan diri dan berjanji akan melakukan aksi unjuk rasa kembali untuk menuntut limbah pabrik yang tercemar itu diselesaikan hingga tuntas.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Padang Lawas Utara Mara Doli Siregar dikonfirmasi terkait permasalahan limbah PKS PT SSN di Kecamatan Simangambat mengatakan belum tahu persis seperti apa kejadian itu.

“Belum tahu saya itu, laporkan saja secara resmi ke BLH. Kami akan tindaklanjuti dan akan melakukan kunjungan lapangan, yang jelas surati secara resmi,” ujarnya singkat. (ong)


ANALISA

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*