Terjadinya Danau Toba Difilmkan

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sedang menyiapkan pembangunan Pusat Informasi Danau Toba. Pusat informasi ini nantinya akan menyajikan berbagai potensi dan sejarah terjadinya Danau Toba secara lengkap. Termasuk video dokumenter tentang terbentuknya danau vulkanik ini.

“Perlu ada ruang audio visual tentang terjadinya Danau Toba. Ini bisa menjadi tontonan. Jadi tidak sekadar cerita-cerita,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Naruddin Dalimunthe, saat rapat kerja dengan Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut di Gedung DPRD Sumut, Rabu (2/2).

Ide awal pembangunan pusat informasi Danau Toba ini datang dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat meresmikan Museum Batak di Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) beberapa waktu lalu.
Pada kesempatan itu, tutur Naruddin, presiden meminta Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata bersama Pemprovsu mempersiapkan pembangunan pusat informasi ini.

“Nanti digambarkan bagaimana potensi Danau Toba dan sejarahnya. Ini menjadi pekerjaan rumah. Kami sedang mencari-cari lahan,” ujar Naruddin.(metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Bagus juga ide itu dan mudah-mudahan film ini bisa menjelaskan tentang kondisi Tanah di beberapa daerah sekitar Danau Toba yang mungkin dibeberapa tempat tidak bisa tumbuh beberapa jenis tumbuhan dan mengapa masih banyak ditemukan kayu didalam tanah oleh masyarakat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*