Terkait Ada 6 Desa Yang Belum Pernah Mendapat CSR ANJ – Humas ANJ Binanga : Untuk Menjalankan CSR, Saat Ini Kita Fokus Dengan Kebutuhan Masyarakat

Palas | PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) Agri Binanga melalui Humas perusahan menyampaikan terima kasih atas masukan dari mahasiswa, yang menyampaikan kalau ada 6 Desa yang belum pernah mendapat CSR.

“Makasih masukannya, namun perlu juga diketahui, kami ANJ berkomitmen untuk menjalankan CSR,” kata Humas PT ANJ Binanga Darwin Lubis melalui SMS, Rabu (27/8) lalu.

Tambahnya, bahwa PT ANJ Binanga menjalankan CSR sesuai dengan kebutuhan masyarakat. PT ANJ Binanga bukannya tidak ada menjalankan CSR kepada masyarakat Kecamatan Huristak. Dia juga mengharapkan mahasiswa dan pers untuk mendorong perusahaan yang lain untuk bersentuhan dan ikut serta membangun Kecamatan Huristak.

“Untuk menjalankan CSR, saat ini kita fokus sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tolong juga dorong perusahaan yang lain bersentuhan dan ikut serta membangun Kecamatan Huristak,” tukasnya.

Informasi yang dihimpun RAKYAT, masih banyak perusahaan perkebunan selain PT ANJ Binanga yang beroperasi di wilayah Kecamatan Huristak, antara PT Eka Pendawa Sakti, Torganda, KPKS Bukit Harapan, dan Koperasi Parsub, Ahmad zein Dasopang, Karya Murni, dan Siapong.

Kemudian kata Ali Muksin Hasibuan, tidakpun disuruh pihaknya siap untuk mendorong perusahaan yang ada di Kecamatan Huristak untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat, khususnya Kecamatan Huristak. Sebutnya, bahwa keberadaan perusahaan lain selain PT ANJ, belum memiliki izin yang jelas. Dan kontribusi sosial kemasyarakat dan pembangunan dari perusahaan juga tidak jelas, dan menyatakan bahwa kehadiran perusahan perkebunan tersebut di wilayah Kecamatan Huristak belum menimbulkan dampak pembangunan yang signifikan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Warga Sibaganding Sitamiang Padangsidimpuan Harapkan Perbaikan Jalan dan Parit

Berita sebelumnya, mahasiswa meminta kepada PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) Agri Binanga untuk menyalurkan dana CRS kepada 6 Desa di Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas (Palas).

“Karena sejak berdiri, PT ANJ tidak pernah memberikan kontribusi CSR terhadap 6 desa sekitar,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Mahasiswa Padang Lawas Bersatu (MPLB), Ali Muksin Hasibuan kepada RAKYAT, Selasa (26/8) di kantornya.

Sebut Muksin, adapun 6 Desa yang dimaksud adalah, Desa Huristak Godang, Desa Padang Sihopal, Desa Aek Rambe, Desa Tanjung Morang, Desa Gunung Raya, dan Desa Paran Tonga.

Kemudian sebut Muksin, kewajiban dan tanggungjawab sosial PT ANJ Binanga, diatur dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Dalam UU tersebut, perusahan mempunya tanggungjawab sosial terhadap masyarakat sekitar perusahaan.

Karena menurutnya, perusahaan sebesar PT ANJ Binanga yang mempunyai areal kebun sawit mencapai 12.000 HA, tidak mungkin lalai terhadap kewajiban CSR. Tapi begitupun, pihaknya mendapat pengakuan dari kepala desa, dan 6 kepala desa tersebut bersedia membuat pernyataan bahwa desanya belum pernah mendapat CSR dari ANJ Binanga.

Penulis : Sahat Gemayel Lubis

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*