Terkait Pelantikan Bupati Palas, Plt. Gubsu Konsultasi Kembali Ke Mendagri

SIBUHUAN – Pelaksana Tugas Gubsu H. Gatot Pujo Nugroho, ST mengonsultasikan kembali kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pelantikan Bupati Padanglawas yang semula dijadwalkan Senin (12-11-2012).

Demikian salah satu kesimpulan rapat pimpinan Pemprovsu dipimpin Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST di Gubernuran Medan yang berlangsung sejak sore hingga menjelang malam, Minggu (11-11-2012).

Rapat yang dihadiri Sekdaprovsu H Nurdin Lubis SH MM, Assiten Ketataprajaan Hasiholan Silaen, Staf Ahli Gubsu Zulkifli Taufik, Kepala Badan Kesbangpol Linmas Drs H Eddy Syofian MAP, Kepala Biro Hukum H Abdul Djalil SH MM, A Tanjung mewakili Kepala Biro Otda dan Kabag Protokol H Zakaria MAP.

Kepada wartawan, Kepala Badan Kesbangpol Linmas mengisyaratkan pelantikan tetap akan dilakukan namun rencana hari Senin (12-11-2012) ditunda untuk dilakukan kembali konsultasi kepada pihak Kemendagri.

saat ditanya alasan perlunya konsultasi kembali, menurut Eddy Syofian, Gubsu selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat prinsipnya siap melaksanakan amanah dari Kemendagri, namun karena adanya berbagai pertimbangan termasuk perkembangan pemberitaan di media massa terkait putusan sela PTUN, maka diperlukan komunikasi kepada pemberi amanah yakni Kemendagri.

“Karena Gubsu adalah wakil pemerintah pusat yang diberi amanah untuk melakukan pelantikan, maka apabila ada perkembangan dan pertimbangan tertentu maka Gubsu akan mengonsultasikannya kembali,” jelasnya.

Lagipula, lanjutnya berbagai perkembangan itu hanya diketahui dari pemberitaan surat kabar, sehingga tentunya tidak bisa dilakukan kebijakan hanya atas dasar pemberitaan koran,” jelasnya seraya menegaskan hingga tadi malam Pemprovsu belum ada menerima surat dari Mendagri terkait Putusan Sela PTUN.

Baca Juga :  Perkemahan Jambore Pramuka Palas Dibuka

Sebagaimana diberitakan, PTUN Jakarta dalam putusan sela memerintahkan penundaan pelantikan Plt Bupati Padanglawas Ali Sutan Harahap menjadi bupati definitif terkait gugatan mantan Bupati Padanglawas Basyrah Lubis.

Sebelumnya Basyrah Lubis dihukum MA dengan hukuman percobaan enam bulan karena pemalsuan surat saat menjabat camat. Pelantikan Ali Sutan Harahap (TSO) sebagai bupati definitif sedianya digelar Senin (12-11-2012).

Menanggapi ini Mendagri Gamawan Fauzi di Jakarta Sabtu (10/11-2012) menegaskan pelantikan Ali didasarkan putusan hukum yang sudah inkrah. Mestinya (SK Pelantikan) itu dilaksnakan saja,” pungkasnya (ed)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*