Terkait Solusi Aek Latong ; Bupati Tapsel Minta Pemprovsu Fungsikan Jalan Sipirok-Siborongborong

Bupati H. Syahrul M Pasaribu meminta Pemprovsu untuk segera meningkatkan pembangunan dan pemungsian jalan provinsi mulai dari Sipirok ke Simpang Tandosan, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan, sampai ke Siborong Borong, Tapanuli Utara.

“Jalur ini merupakan alternatif lain dari pengalihan jalan negara yang rusak parah di Desa Aek Latong, Kecamatan Sipirok,” ujarnya di sela-sela peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad saw di gedung Yayasan H.Hasan Penayungan Kota P. Sidimpuan, Jumat (1/7), sore.

Dijelaskan, jalur tersebut bila dari arah Kota P. Sidimpuan belok kanan memasuki simpang yang ada di Pasar Sipirok, terus melaju menuju Kecamatan Arse dan Simpang Tandosan di Kecamatan Saipar Dolok Hole. “Melalui jalur itu, pengendara tidak perlu lagi lewat Pahae dan Tarutung,” katanya.

Syahrul mengaku, telah meminta kepada Plt Gubsu Gatot Pujonugroho dan Kadis Jalan Jembatan Mara Pinta Harahap, agar dana perawatan Aek Latong yang ditampung pada APBD SU dialihkan khusus ke peningkatan jalan Simpang Tandosan ke Siborong Borong.

Pasalnya, tanpa peningkatan pembangunan, jalur tersebut belum layak dijadikan jalur utama diakibatkan kurangnya perhatian pembangunan dari Pemprovsu terhadap jalur Sipirok-Siborong Borong selama ini.

Menurut Syahrul, dengan menjadikan jalur tersebut sebagai jalan lintas utama dan tanpa meninggalkan jalur Sipirok-Tarutung. Persoalan jalan negara yang rusak parah di Aek Latong sudah sejak lama bisa diatasi.

Baca Juga :  Guru dan Santri Darul Mursyid Study Tour ke Malaysia

“Memungsikan jalur ini bukan berarti ingin meninggalkan jalur lama di Aek Latong. Tapi menjadikan keduanya sebagai jalur utama lintas tengah Sumatera Utara, sehingga tidak ada wilayah yang tertinggalkan,” jelasnya.

Spesifikasi

Mengenai spesifikasi kendaraan yang akan melintas dari jalur utama Aek Latong dan Sipirok-Siborong Borong, nanti Pemkab Tapsel siap berkoordinasi dengan Pemkab Taput, Pemprovsu dan pemerintah pusat.

Disinggung mengenai jalur alternatif yang dibangun Departemen PU di Aek Latong. Bupati Tapsel mengaku sangat mendukungnya dan terlepas apa pendapat para pakar tentang kondisi geologi jalur alternatif tersebut.

“Saya dengar awal Agustus ini pihak kontraktor pemenang tender akan memulai pelaksanaan konstruksi alternatif Aek Latong. Kita berharap semuanya berjalan lancar dan profesional,” ungkap Syahrul.

Selain itu Bupati Tapsel berharap Departemen PU melalui Balan Jalan Nasional Wilayah I Sumut-Aceh tidak hanya memperhatikan pembangunan jalur alternatif Aek Latong. Tapi juga memperhatikan pembangunan jalan negara yang rusak parah mulai dari Sipirok sampai ke perbatasan Tapsel dengan Taput.

Mengenai langkah Pemkab Tapsel melancarkan arus transportasi di Aek Latong pada lebaran nanti Bupati mengatakan, pihaknya akan menyurati Balai Jalan Nasional Wilayah I Sumut-Aceh untuk mendirikan posko di lokasi jalan rusak.

“Pemkab Tapsel akan membantu armada alat berat dan membuat posko bersama di Aek Latong. Kita tidak menginginkan terjadinya kecelakaan naas terulang kembali, ” katanya. (hih/sah)

Baca Juga :  Tangis Haru Warnai Kedatangan Jema`ah Haji Padang Lawas

Sumber: analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*