Terlambat Sahkan APBD Jadwal Penyaluran Dana BOS Berubah

Terlambat membahas APBD, maka dampaknya penyaluran dana BOS tahun 2011 dari pusat ke Kabupaten Paluta juga terlambat. Demikian dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Palas, Ali Irpan Hasibuan SPd kepada METRO, Kamis (31/3). “Jadwal penyaluran dana BOS seharusnya tanggal 26 Januari lalu, kini penyaluran BOS  terjadi perubahan,” katanya.

Disebutkan, perubahan jadwal  diinformasikan setelah mendapat instruksi dari pemerintah pusat sebagaimana Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 160 tahun 2010 tentang Perubahan Dana BOS yang sebelumnya di transfer ke rekening tingkat Provinsi dari Pusat menjadi langsung dari Pusat ke Pemda tingkat II, sehingga harus di sahkan di APBD Palas terlebih dahulu. “Jadi, karena ada faktor keterlambatan di sahkannya APBD oleh DPRD Palas sehingga terjadi keterlambatan. Dimana APBD Palas TA 2011 di sahkan 17 Maret lalu,” ujar Kadis.

Kendati demikian, sebut Kadis, pihaknya sudah melakukan solusi agar dana BOS di cairkan dengan berkoordinasi dengan Dispenda, sehingga bulan April ini akan dicairkan langsung ke rekening Kasek se-Palas. “Dimana untuk tahun ini, jumlah rincian dana BOS untuk triwulan I adalah untuk SD Negeri Rp3.530.275.000, SD Swasta Rp32.851.750.000 dan SMP Negeri Rp930.670.000, SMP Swasta Rp93.337.5000. Dimana, jumlah total penerima dana BOS untuk SD negeri dan swasta 35.898 siswa dengan setiap siswa mendapat Rp370 ribu persiswa, SMP negeri dan swasta 7.187 orang dengan menerima Rp570 ribu per siswa,” terangnya.

Baca Juga :  Paluta Gelar Musrenbang

Kemudian lanjut Kadis, pihaknya akan tetap mengawasi di lapangan agar tidak terjadi penyelewengan dilapangan dan penyalurannya. Dan, jika ada ditemukan akan menindak tegas pelakunya. “Kasek yang akan berbuat penyelewengan akan kita tindak dengan melakukan pencopotan,” ucapnya. (amr) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*