Ternyata, Memelihara Anjing Itu Menyehatkan

Salah satu anjing pelacak bahan peledak sedang berlatih untuk mengenali bahan dasar peledak yang diletakkan di kardus-kardus bekas di Direktorat Polisi Satwa Depok. (Titania Febrianti/NGI)

Anda memelihara anjing? Berikut kemungkinan memelihara anjing dapat menyehatkan Anda.

1. Rajin olahraga
Tentunya sebagai pemilik anjing, Anda harus rajin mengajak anjing Anda jalan-jalan. Penelitian membuktikan bahwa orang yang memelihara anjing lebih sering melakukan aktivitas fisik daripada orang yang tidak memelihara anjing. Studi National Institute of Health and Welfare 2000 membuktikan bahwa orang yang memelihara anjing berolahraga selama 30 menit selama paling tidak lima hari seminggu.

2. Sehat secara keseluruhan
Setelah satu bulan memelihara anjing, kesehatan si pemilik meningkat dan ia berperilaku sehat pula. Orang-orang dalam kelompok kontrol yang tidak memiliki hewan peliharaan tidak menunjukkan perubahan signifikan dalam kesehatan atau perilaku selama masa studi berlangsung, menurut para peneliti.

3. Meningkatkan kesehatan mental
Tahun 2011, sebuah studi menguji 217 orang yang memelihara anjing mengenai kesejahteraan, tipe kepribadian, dan gaya hidup mereka. Para peneliti menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan lebih bahagia, sehat, dan lebih mudah menyesuaikan diri daripada yang tidak memiliki peliharaan. Hewan peliharaan memberikan dukungan sosial bagi pemiliknya, kata para peneliti.

4. Mengurangi risiko alergi
Alergi pada hewan peliharaan sering menjadi alasan mengapa keluarga memutuskan untuk tidak memelihara anjing, tetapi penelitian tahun 2010, dalam Journal of Pediatrics, ditemukan bahwa anak-anak yang dibesarkan dengan anjing di rumah mereka kurang kemungkinannya untuk mengembangkan eksim. Namun, anak-anak yang dibesarkan dengan kucing di rumah lebih mungkin untuk mengembangkan eksim.

Baca Juga :  Waspada Ancaman Kolesterol Jahat

(Sumber: Live Science)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*