Tertibkan Pengemudi Betor yang Angkut Sewa Lebihi Kapasitas

(Analisa/tohong p harahap) MELEBIHI MUATAN : Pengemudi betor yang ada di wilayah Kelurahan Pasar Gunung Tua ini mengangkut sewa anak sekolah melebihi muatan sehingga tidak menghiraukan keselamatan si penumpang, Foto dijepret Senin (13/10).

Paluta, Banyaknya pengemudi becak bermotor (betor) yang mengangkut sewa melebihi kapasitas, membuat sejumlah masyarakat marah dan kesal, pasalnya pengemudi betor dalam mengangkut sewa sudah tidak menghiraukan keselamatan para penumpangnya lagi.

Untuk itu masyarakat Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meminta Unit Lantas Padang Bolak untuk segera menertibkan pengemudi betor yang masih saja suka mengangkut sewa di luar muatan.

Pantauan wartawan, terlihat dari sejumlah aktivitas pengemudi betor yang masih suka mengangkut sewa melebihi kapasitas sebenarnya, khususnya sewa anak-anak sekolah. Sehingga dengan melebihi kapasitas muatan, dikhawatirkan memakan korban, karena sejumlah pengemudi betor sudah tidak lagi menghiraukan keselamatan sewa nya.

“Polantas Padang Bolak harus menertibkan becak yang melebihi muatan, hal itu kan sangat mengancam keselamatan anak-anak,” ujar warga Lingkungan I, Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Ongku Harahap, Senin (13/10).

Selain itu, kepedulian orangtua juga sangat Ongku sayangkan, sebab selaku orangtua, bukankah sudah menjadi tugasnya dalam memberi peringatan kepada anak-anaknya, bahwa menaiki becak dengan cara beramai-ramai adalah perbuatan yang salah dan membahayakan keselamatan.

Ia mendesak pihak Polantas Padang Bolak, agar secepatnya menertibkan pengemudi betor yang tidak mematuhi peraturan serta memberikan sosialisasi tentang keselamatan berlalulintas, agar pengemudi betor kedepannya tidak sesuka hatinya dalam mengankut sewa.

Baca Juga :  Penerimaan CPNS 2010, Kab. Padang Lawas Ajukan 1.818 Orang CPNS

Muatan per unit betor lanjutnya, tidak wajar yakni tiga sewa saja, akan tetapi belakangan ia sering melihat parbetor malah mengangkut sewa lima orang dan bahkan sampai sepuluh orang, padahal itu sangat membahayakan jiwa penumpang.

Senada dikatakan, Rahmi Harahap warga Pasar Gunung Tua. Menurutnya anak-anak kurang mengerti dengan keselamatan dalam berkendaraan, sehingga yang harus dibenahi dalam permasalahan ini adalah pengemudi betornya. Pengemudi betor harus diberi pemahaman dan kesadaran tinggi untuk tidak mengangku penumpang melebihi batas, sebab hal itu dapat membahayakan si penumpang serta pengguna jalan lainnya.

Terpisah Kanit Lantas Padang Bolak Ipda Endang Efendi terkait masih adanya sejumlah pengemudi betor yang sesuka hatinya mengangkut sewa melebihi kapasitas kepada wartawan mengatakan akan menindaklanjuti keluhan sejumlah masyarakat itu. (ong)

/(Analisa).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*