Tes Urine Semua Pilot, Jangan Cuma Lion Air

KOMPAS.com — Anggota Komisi V DPR, Saleh Husin mendesak dilakukannya tes urine secara menyeluruh terhadap semua pilot maskapai nasional tanpa terkecuali. Tidak hanya pilot Lion Air dan tidak hanya pemeriksaan acak.

“Jangan lagi tes acak seperti sebelumnya yang akhirnya masih lolos juga dan diumumkan kepada publik agar masyarakat merasa aman ketika akan bepergian dengan menggunakan maskapai penerbangan nasional,” katanya di Jakarta, Minggu (5/2/2012).

“Dan kepada perusahaan penerbangan yang pilotnya kedapatan menggunakan sabu juga diberikan peringatan keras agar mereka benar-benar mengawasi pilot-pilotnya secara menyeluruh dan saksama demi keselamatan masyarakat sebagai pengguna jasa,” ujarnya.

Menurutnya, kasus terulangnya pilot yang mengonsumsi sabu sangat menakutkan dan memalukan dunia penerbangan Indonesia. “Kok, bisa-bisanya pilot yang menerbangkan pesawat dan membawa ratusan penumpang mengonsumsi narkoba (sabu),” ujarnya.

Saleh meminta Ditjen Perhubungan Udara segera mencabut lisensi pilot yang mengonsumsi sabu tersebut. “Bagi pelaku, ini merupakan pelanggaran yang tiada ampun lagi karena bukan saja membahayakan nyawa penumpang, melainkan hal ini sudah pernah terjadi pada pilot yang lain sebelumnya,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pilot Lion Air berinisial SS ditangkap menggunakan sabu di Surabaya, Sabtu dini hari. Ironis karena penangkapan tersebut hanya selang 2,5 jam sebelum jadwal penerbangan pilot tersebut.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Perkiraan Sementara Kerugian Banjir Wasior Rp 277,9 Miliar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*