Tidak Ada Penculikan Warga di Tapsel

P. Sidimpuan, (www.analisadaily.com)

ABG Tidak Ada Penculikan Warga di Tapsel
FOTO HANYA ILLUSTRASI

Kepolisian Resort Tapanuli Selatan membantah adanya dugaan penculikan terhadap lima warga Dusun Binasari Desa Pardomuan Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapsel dilokasi HGU PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) Agri.

“Laporan H Muhammad Nur Harahap tentang adanya 5 warga Dusun Binasari yang diculik Orang Tidak Dikenal (OTK) pada 27 Oktober 2010 lalu, tidak terbukti sesuai bukti-bukti yang kami peroleh dilapangan, ” ujar Kapolres Tapsel AKBP Subandrya, SH,MH melalui Kasat Reskrim AKP Waiman didampingi Ka Banmin Reskrim Polres Tapsel Aiptu Syamsul Bachri Siregar kepada wartawan di ruang kerjanya, kemarin.

Dijelaskan, dalam menindak lanjuti laporan dugaan penculikan warga Tapsel tersebut pihaknya telah melakukan proses penyelidikan sesuai perintah penyidikan Nomor: Sp.Sidik/65/III/2010 Reskrim tanggal 1 Maret 2010 yang hasilnya kelima warga dusun tersebut bukanlah diculik namun hanya diwawancarai dan diberi pembinaan oleh pihak security perusahaan.

“Pihak security hanya memberikan pencerahan bagi warga tersebut bahwa lahan yang sedang mereka tempati itu berada di lokasi HGU perusahaan dan kelimanya menerima keterangan itu dan memilih pulang ke tempat asalnya.

Dikatakan, tindak lanjut laporan tersebut pihak Polresta Tapsel juga telah memintai keterangan sejumlah saksi, masing-masing, Tamsil Indra Waluyo (Perwira Pengamanan) PT ANJ Agri, Surya Ananta, Bonar Pane (Security), Candra Mulia (supir) serta tiga orang personil Sat Brimob Polda Sumut yang diperbantukan sebagai pengamanan di PT ANJ Agri.

“Dari sejumlah keterangan saksi tersebut menguatkan bahwa tidak benar adanya penculikan warga Desa Dusun Binasari beberapa waktu lalu dan dalam melakukan pembinaan terhadap lima warga tersebut juga tidak ada ditemukan unsur kekerasan, ancaman maupun bentuk intimidasi lainnya, bahkan laporan yang disampaikan H Muhammad Nur Harahap diduga hanya dilatarbelakangi ketidaktahuan yang bersangkutan dalam menganalisa permasalahan dan terkesan mengedepankan ketidaksenangannya kepada PT ANJ Agri.” tuturnya.

Hal senada juga diutarakan senior menager PT ANJ Alpan Tanjung bahwa pihaknya tidak pernah melakukan penculikan terhadap warga Desa Dusun Binasari sebagaimana laporan H Muhammad Nur yang dilansir salah satu media nasional beberapa waktu lalu.

“Kami pihak managemen dan karyawan PT ANJ juga terkejut dengan pemberitaan disalah satu media nasional yang menyatakan adanya 5 warga Tapsel hilang diduga diculik orang berambut cepak, “ujarnya didampingi Jenderal Manager PT ANJ Yusrizal dan beberapa karyawan perusahaan serta kuasa hukumnya kepada Analisa.

Dipaparkannya, peristiwa itu bermula saat warga dusun Binasarai berjumlah 12 orang termasuk pelapor H Muhammad Nur Harahap Senin (22/2), sekira pukul 18.00 WIB, memasuki areal perkebunan milik PT ANJ Agri (eks HGU PT OPM-red) untuk menguasai lahan dengan cara melakukan pemancangan lahan seluas 100 Ha sekaligus mendirikan gubuk tempat tinggal di atas lahan tersebut.

Mengetahui adanya penguasaan lahan oleh warga, pihak managemen PT ANJ Agri menegur masyarakat agar tidak melakukan penggarapan, karena areal tersebut masuk wilayah perusahaan PT ANJ Agri yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit.

Dua hari kemudian, Kamis (25/3), pihak security perusahaan dibantu personil Brimob yang diperbantukan mencegat dua orang warga desa Rudi Hartono Harahap dan M.Arifin Harahap yang mau belanja ke desa Pardomuan.

Demikian juga dengan tiga orang warga desa Samsiadi, Ahmad Afandi Harahap dan Rhamadoni Harahap, Jumat (26/2) dibawa oleh pihak security untuk diwawancari perihal yang sama yakni percobaan penguasaan lahan milik perusahaan oleh warga dusun Binasari. (hih)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Tidak Ada Penculikan Warga di Tapsel facebook Tidak Ada Penculikan Warga di Tapsel twitter Tidak Ada Penculikan Warga di Tapsel linkedin Tidak Ada Penculikan Warga di Tapsel email Tidak Ada Penculikan Warga di Tapsel print Tidak Ada Penculikan Warga di Tapsel

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*