Tidak Lulus UN, Siswa Kota Padangsidimpuan Bisa Ikuti UN Ulangan 10-14 Mei 2010

Sabtu, 30 Januari 2010 – www.metrosiantar.com

ujian nasional 240408 Tidak Lulus UN, Siswa Kota Padangsidimpuan Bisa Ikuti UN Ulangan 10 14 Mei 2010
Tidak Lulus UN, Siswa Kota Padangsidimpuan Bisa Ikuti UN Ulangan 10-14 Mei 2010

SIDIMPUAN-METRO; Bagi peserta yang gagal di Ujian Nasional (UN) tahun 2010 untuk tingkat SMA dan SMK di Kota Padangsidimpuan (Psp) akan mengikuti UN ulangan pada tanggal 10-14 Mei 2010 mendatang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Psp kepada METRO, Rabu (27/1). Dijelaskannya, pelaksanaan UN utama untuk tingkat SMP/MTs direncanakan akan di laksanakan mulai tanggal 29 Maret-1 April dengan jumlah peserta sebanyak 4.285 orang, sedangkan UN susulan atau bagi peserta yang tidak hadir pada UN utama dengan memiliki alasan yang jelas akan dilaksanakan mulai tanggal 5-8 April. Sedangkan UN ulangan bagi peserta yang gagal dalam UN setelah diumumkan hasilnya dua minggu kemudian akan dilaksanakan mulai tanggal 17-20 Mei.

Mata pelajaran yang akan di UN kan untuk tingkat SMP yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA dengan jumlah soal sebanyak 40-50. Dan akan diawasi oleh dua orang guru pengawas dengan sistem silang dari setiap sekolah di Kota Psp.

Sedangkan untuk tingkat SMA/MA dengan jumlah peserta sebanyak 3.180 siswa. Pelaksanaan UN utama akan dimulai tanggal 22-26 Maret dan UN susulan dimulai tanggal 29 Maret-5 April. UN ulangan bagi peserta yang gagal di UN akan dimulai tanggal 10-14 Mei. Mata pelajaran yang di UN kan untuk jurusan IPA yakni, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Kimia Fisika. Sedangkan untuk jurusan IPS yakni, Ekomoni, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi dan Sosiologi.

Baca Juga :  Makam Kuburan Etnis Tionghoa SadabuanPanyanggar Dipasang Plang Merek Hak Milik Oleh Masyarakat dan Keturunan Oppu Napotar

Untuk tingkat SMK dengan jumlah peserta sebanyak 2.028 siswa. UN utama dilaksanakan mulai tanggal 22-25 Maret. Ujian susulan dilaksanakan mulai tanggal 29 Maret-1 April, sedangkan UN ulangan dilaksanakan mulai tanggal 10-14 Mei mendatang dengan mata pelajaran yang di UN kan adalah, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Uji Praktek.

“Total peserta UN untuk tahun 2010 ini untuk SMP/MTs,SMA/MA, dan SMK yang sudah kita usulkan ke Medan pada Desember 2009 lalu sebanyak 9.836 siswa. Dan paling lambat di pertengahan Pebruari 2010 sudah dikirimkan kembali kepada kabupaten/kota di Sumut,” ujarnya.

Perbedaan yang mendasar secara tekhnis di bandingkan dengan tahun lalu, dikatakannya adalah jika tahun lalu peserta yang gagal di UN harus mengikuti pendidikan kesetaraan seperti paket B dan C, namun untuk tahun 2010 ini bagi peserta yang gagal UN bisa mengikuti ujian ulangan UN dan pendidikan paket kesetaraan akan dihapuskan untuk pendidikan formal.

Selain itu untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi UN ini, Disdik Psp akan menggelar try out dan akan bekerjasama dengan Primagama Kota Psp. Kemudian menekankan kepada setiap sekolah untuk mengadakan les tambahan. Dan dalam pelaksanan UN nanti akan dipantau oleh Tim Pemantau Independen (TPI) yang akan bekerja sama dengan Perguruan Tinggi, baik lokal maupun dari Sumut dengan pengawas sebanyak 2 orang dan setiap lokal diisi sebanyak 20 peserta UN.

Baca Juga :  Anggota KPUD, Ir Edi Potan Siregar: Pemilih Potensial pada Pilkada Tapsel 2010, 174.665 Jiwa

Sedangkan untuk tingak Sekolah Dasar (SD) yang akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) jumlah pesertanya sebanyak 4.285 siswa yang akan di laksanakan mulai tanggal 4-6 Mei. Dan UASBN susulan akan dilaksanakan mulai tanggal 10-12 Mei dengan mata pelajaran yang di UASBN yakni, Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dengan jumlah soal sebanyak 50.

“Persiapan sudah kita lakskanakan sebaik mungkin, tinggal tunggu hari pelaksanaanya saja,” pungkasnya. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*