Tiga Hari Lagi, Puncak Hujan Meteor Lyrids

Bandung -Fenomena tahunan, meteor Lyrids kembali datang. Hujan meteor ini bakal berlangsung 15 hingga 28 April 2011. Puncak hujan meteor ini akan terjadi pada 22 April. “Setiap jamnya sekitar 15 meteor atau setiap 4 menit akan ada satu meteor,” kata astronom dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Thomas Djamaluddin, Selasa, 19 April 2011.

Hujan meteor Lyrids bisa disaksikan dari segala penjuru bumi. Di wilayah Indonesia, waktu pengamatan hujan meteor berlangsung sejak tengah malam hingga menjelang fajar. Atau dari pukul 00.00 hingga 05.00 waktu daerah setempat.

Hujan meteor akan muncul dari dekat rasi bintang Lyra. Saat tengah malam, kata Djamaluddin, meteor akan berjatuhan dari langit arah timur laut lalu bergerak ke arah utara langit hingga menjelang pagi.

Hujan meteor Lyrids berasal dari debu atau partikel peninggalan komet Tatcher yang masuk ke bumi. Komet yang mulai diketahui astronom sejak 2.600 tahun lalu itu berada dalam jarak terdekat dengan lintasan bumi tiap 415 tahun sekali. (TEMPO)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*