Tiga Pelajar Janji Matogu – Wakili Tapsel di Kejuaraan Tingkat Provinsi

Tapsel, . Tiga siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan SMPN Janji Matogu Kecamatan Ang­kola Selatan mewakili Ka­bupaten Tapanuli Selatan pada Pekan Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Sumatera Utara (Su­mut) Tahun 2015 di Kota Medan.

Informasi dihimpun Analisa Kamis (18/6), ketiga siswa-siswi itu, Rahman Abdul Azis Lubis SDN Janji Matogu wakil Tapsel pada OSN yang digelar 30-31 Maret 2015 serta Diana Sihotang dan Roby Harahap pelajar SMPN Janji Matogu wakil Tapsel pada O2SN 5-6 Juni 2015 yang digelar di Kota Medan.

Abdul Azis Lubis berhasil meraih peringkat 21 dari 101 peserta OSN se- Sumatera Utara sementara Diana Sihotang dan Roby gagal meraih prestasi pada O2SN tersebut.

Menurut Kepala SDN Janji Matogu Drs Raja Adil Siregar, keikutsertaan siswa SDN Janji Matogu pada kejuaraan tingkat Provinsi Sumatera Utara itu me­rupakan kali pertama sejak berdiri belasan tahun lalu.

“Prestasi ini patut disyukuri sebagai SD yang baru dine­gerikan dan terletak dipeda­laman Kabupaten Tapsel, meski Azis hanya masuk diposisi dua puluh satu besar,” katanya.

Dikatakan, raihan prestasi yang membanggakan kecama­tan Angkola Selatan ini tidak terlepas dari peran Dinas Pen­didikan Kabupaten Tapsel, para guru serta orangtua siswa yang terus memberikan dorongan dan semangat sehingga bisa menjadi utusan Tapsel pada OSN tingkat Provsu.

Baca Juga :  cctv Pembobolan Bank BRI Unit Sisingamangaraja Padangsidimpuan

Selain itu, peran PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA) Siais sebagai perusahaan per­kebunan yang beroperasi di sekitaran Janji Matogu juga cukup besar.

“Bantuan ANJA sebelum dan sesudah SD Janji Matogu ber­status negeri sangat besar melalui CSR dibidang pen­didikannya, terlihat dari fasilitas dan mutu SDN Janji Matogu yang semakin meningkat setiap tahunnya,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, bantuan CSR ANJA itu tidak hanya bagi para siswa dan fasilitas sekolah namun juga honor para tenaga pengajar di SDN Janji Matogu.

“Kehadiran ANJA Siais di daerah ini sangat berarti bagi berbagai aspek masyarakat khususunya yang berdomisili desa/dusun lingkar perusahaan perkebunan sawit itu,” ung­kapnya.

Hal senada dikatakan Ke­pala SMPN Janji Matogu Dra Rusmiati yang mengaku op­timis para siswanya akan lebih sering tampil pada kejuaraan-kejuaraan tingkat provinsi.

“Dukungan dan bantuan berkesinambungan dari Disdisk Tapsel dan ANJA Sias akan mampu memotivasi siswa dan para guru untuk menunjukkan prestasi yang mampu mem­banggakan daerah,” katanya.

Terpisah GM ANJA Siais Mulkan Nasution, mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan Rahman Abdul Aziz pada OSN tersebut.

“Meraih juara 21 dari 101 peserta se-Provinsi Sumatera Utara bukanlah hal mudah mengingat banyaknya sekolah yang memiliki tingkat pen­didikan lebih maju,” ujarnya.

Di sisi lain Mulkan mengaku, program CSR Pendidikan  AN­JA Siais berlahan menunjukan hasilnya ditandai dengan mulai ikutsertanya siswa-siswi Ang­kola Selatan mewakili Tapsel dalam berbagai even tingkat provinsi.

Baca Juga :  Kota Sidimpuan Siaga I - Dua Personil Polres Tapsel Dibekuk Saat Pesta Sabu

”Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari peran aktif Disdik Tapsel yang secara aktif men­jalankan program yang ber­tujuan memotivasi siswa agar mampu berprestasi,” katanya.

Terkait program CSR pen­didikan  ANJA Siais ke depan  Mulkan mengatakan, pengem­bangan dan peningkatan kua­litas pendidikan di SD Janji Matogu.

“ANJA Siais memiliki ko­mitmen jangka panjang dalam CSR bidang pendidikan yaitu dengan terus meningkatkan kualitas pendidikan SD dan SMP. Program CSR dibangun secara berkesinambungan dalam bebe­rapa tahun,” terangnya. (hih)


ANALISADAILY

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*