Tim HORAS Laporkan Dugaan Money Politics ke Panwas

Tim pemenangan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, H Ongku Rap Affan Siregar (HORAS) melaporkan dugaan praktik money politics (politik uang) kepada Panwaslukada Tapsel, Selasa (11/5). Dugaan politik uang itu terjadi Senin (10/5) lalu di Desa Sihui-Huik, Kecamatan Angkola Selatan.

Laporan dugaan praktik uang itu diantarkan oleh Humas tim HORAS, Junaidi Hasibuan dan diterima langsung Ketua Panwaslukada Tapsel Bermawi Siregar SH didampingi Sekretarisnya Saifuddin L Simbolon dan staf lainnya di sekretarit Panwaslukada Tapsel, Sadabuan, Kota Padangsidimpuan. Kepada wartawan, Junaidi mengatakan dalam laporan dugaan praktik politik uang yang dilakukan oleh salah satu pasangan tersebut, turut dilampirkan bukti visual dan juga masyarakat yang menjadi saksi. Menurutnya, laporan temuan itu setelah Panwaslukada Kecamatan Angkola Selatan menyita sejumlah barang bukti berupa buntalan kertas yang bergambarkan salah satu pasangan, surat pernyataan dan lainnya, berdasarkan laporan masyarakat. Saat ini barang yang disita panwas tersebut masih berada di kantor panwaslukada kecamatan.

“Laporan ini resmi kita lampirkan dengan bukti visual. Sedangkan bukti lainnya masih di kantor panwas kecamatan setelah disita oleh panwas,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Panwaslukada Tapsel Bermawi Siregar SH menuturkan laporan tersebut sudah mereka terima dan akan ditindaklanjuti. Mereka masih menunggu barang bukti yang ada di panwas kecamatan diantar ke Panwaslukada Tapsel bersama saksi-saksi untuk diklarifikasi hingga nantinya akan ditindakanjuti. “Kita tunggu saja barang bukti yang disita oleh Panwaslukada kecamatan itu yang akan diantarkan Rabu (12/5) ini, untuk kemudian kita klarifikasi. Selanjutkan kita akan ambil langkah-langkah untuk tindak lanjut selanjutnya,” sebutnya.

Baca Juga :  Madrid Siap Lego Kaka

Sementara itu Ketua Panwaslukada Kecamatan Angkola Selatan Romadon kepada wartawan melalui telepon selulernya membenarkan pihaknya ada menyita sejumlah barang yang diduga sebagai praktik politik uang di Kecamatan Angkola Selatan, Senin (11/5) lalu. Pihaknya akan mengantarkan barang bukti tersebut ke Panwaslukada kabupaten, Rabu (12/5). “Kita akan antar Rabu (12/5), karena sekarang kami sedang rapat,” pungkasnya. Di tempat terpisah, Ketua Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan (Imatapsel), Hajrul Aswat didampingi Andi Lumalo kepada wartawan, Selasa (11/5) mengatakan, dari berbagai pantauan di lapangan, dugaan praktik politik uang hampir menyeluruh terjadi di 12 kecamatan di Tapsel. Namun yang membuat mereka terkejut adalah begitu maraknya dugaan praktik politik uang yang terjadi, Panwaslukada Tapsel seakan-akan terkesan diam dan tak bergerak. Padahal, menurut mereka seharusnya dengan adanya dugaan tersebut sudah bisa menjadi jalan bagi Panwaslukada Tapsel untuk membuat sebuah pengkajian dan tindak lanjut sesuai tugas dan fungsinya dalam pengawasan Pemilukada.(phn)

Sumber: http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel/Tim_HORAS_Laporkan_Dugaan_Money_Politics_ke_Panwas

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*