Tips Membuat Bayi Mudah Tidur

Helps+Baby+Sleep+ +Tips+For+Your+Baby+care Tips Membuat Bayi Mudah TidurJakarta-Cathy Saron sempat merasakan sulitnya menidurkan putra sulungnya,Jacob Gabriel Kusuma. “Mana ada first time mom yang bisa tenang, trik aku adalah dengan menyanyi,” ujar pemain sinetron dan bintang iklan ini dalam acara Peluncuran Fisher-Price Soothe dan Glow Seahorse di Toys Kingdom, Grand Indonesia, Kamis 27 November 2014.
Lagu apa saja yang dinilai Cathy bisa menenangkan bayinya? Mulai dari Twinkle-Twinkle Litte Star hingga Cicak di Dinding. Sebelum tidur, ada kebiasaan putra sulungnya yang kini berusia 19 bulan itu. “Ia suka memegang dan meremas sesuatu,” kata perempuan 32 tahun ini.

Psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan bahwa security object yang dipegang Jacob adalah hal yang lumrah. Memang umumnya, anak-anak mencari sesuatu yang lembut, bisa dipegang atau dipeluk. Bentuknya bisa mainan, guling hingga selimut. Itu merupakan benda kesayangan mereka yang menenangkan. Tapi bagaimanakah agar si kecil mudah tidur? Vera memberikan sejumlah tips.

1. Timang

Anak boleh ditimang-timang jelang tidur. Tapi ketika sudah setengah terlelap, segera letakkan. Vera mengatakan bayi harus dibiasakan tidur pada tempatnya. Agar jika beranjak besar, mudah untuk tidur normal tanpa bantuan orang dewasa.

2. Jadwal
Buatlah jadwal tidur yang teratur. Misal setiap jam sembilan harus tidur. Sehingga, kalau sudah sekolah tidak sulit mengatur jadwalnya.

Baca Juga :  Jaga Gula Darah dengan Rajin Makan Kacang

3. Tenang
Pengasuh dan orang tua yang akan menidurkan anak-anak harus tenang dan rileks. “Kalau ibunya tidak tenang, anak juga akan sulit tidur,” kata Vera.

4. Modifikasi suasana
Waktu jam tidur anak, maka suasana rumah juga harus disesuaikan. Lampu dibuat temaram, suara-suara jangan terlampau keras, mungkin bisa diputar musik yang tenang, dan diatur suhu yang nyaman. Bisa juga dengan diberi lagu pengantar tidur maupun didongengi.

/tempo.co

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*