Tiru Ferguson, Mou Ingin Melatih Sampai Tua

Pelatih Real Madrid Jose Mourinho berencana melanjutkan kariernya hingga usia lanjut. Ia ingin meniru Sir Alex Ferguson yang tetap melatih dengan baik hingga usia hampir 70 tahun.

Setelah 24 tahun melatih Manchester United, Ferguson bersikukuh akan tetap mempertahankan jabatannya. Pria berusia 69 tahun itu tidak akan berhenti melatih “Setan Merah” selama kondisi fisiknya menunjang untuk itu. Inilah yang ingin ditiru oleh Mourinho, yang masih berusia 47 tahun.

“Ketika saya berusia 50 atau 60 tahunan, saya juga melihat diri saya masih di sepak bola dengan ambisi dan semangat yang sama,” kata Mourinho, yang disebut-sebut sebagai calon pengganti Ferguson di MU.

“Jadi, saya mengerti mengapa dia ingin tetap berlanjut. Itu sama dengan (alm) Bobby Robson. Saya melihat diri saya terus berlanjut hingga bertahun-tahun,” tambahnya pelatih yang sudah dua kali merebut piala Liga Champions di dua tim berbeda tersebut.

Mourinho dan Ferguson sama-sama menorehkan prestasi luar biasa bagi klub-klub yang pernah ditanganinya. Itu sebabnya kedua pelatih itu masuk dalam daftar sejarah pelatih terbaik versi Asosiasi Pelatih Liga Inggris (LMA). Bersama mereka, ada pula nama-nama Sir Matt Busby, Bob Paisley, dan Pelatih Arsenal Arsene Wenger.

“Saya sangat bangga atas hal ini karena saya bukan orang Inggris dan saya hanya tiga tahun di Premier League, bukan waktu signifikan untuk mencetak sejarah besar,” kata mantan Pelatih Chelsea tersebut.

Baca Juga :  Mourinho: Cacilah Aku Barcelonitas!

“Namun, ketika saya di sini, itu adalah saat terbaik dalam karier saya sejauh ini selain menang Liga Champions di Portugal dan Italia. Malam ini istimewa bagi saya karena saya dapat melihat orang-orang yang sangat saya senangi dan hargai. Saya masih punya rumah di sini dan saya beserta keluarga saya masih jatuh cinta dan akan selalu cinta pada negara ini. Jadi, kembali lagi (di Inggris) hampir seperti di rumah,” tuturnya.

“Atmosfer, keintiman dan emosi di Inggris merupakan hal yang tak dapat Anda bandingkan dengan negara lain dan bagi sejumlah orang yang menyukai pertandingan, seperti saya, ini tempat di mana Anda paling menikmatinya,” aku pelatih asal Portugal tersebut.

Sampai saat ini Mourinho masih berambisi kembali ke Inggris untuk melatih salah satu klub Liga Primer. Ia juga masih punya utang melatih tim kesebelasan Portugal seperti yang pernah ia janjikan sebelumnya. (kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*