Toko Obat di PALAS Ditemukan Jual Obat Lingkaran Merah

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Padang Lawas (Palas), menemukan toko obat menjual obat dalam daftar lingkaran merah, atau dilarang diperdagangkan di toko obat tapi seharusnya di perdagangkan di Apotek.

Hal itu ditemukan ketika petugas Disperindagkop melakukan razia pasar lanjutan di Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Senin (23/8).

Kepala Disperindagkop Palas, Tobing Hasibuan bersama Kadis Kesehatan Palas, Ahmadin Hutagalung didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dingin Rambe, Pelaksana Harian (Plh) Kasi Farmasi Dinkes Palas, Rosintan Lubis usai razia pasar, ditemukan sejumlah toko obat di Pasar Sibuhuan seperti toko obat Gembira, Andi, Paten, Salsabila yang seharusnya sesuai peraturan toko obat hanya boleh menjual obat-obatan dalam daftar lingkaran biru dan hijau, bukan dalam lingkaran merah.

Mereka menjelaskan, obat dalam daftar lingkaran merah yang dimaksud adalah seperti obat anti biotik amficilin, phytogin, eyelofen, KB Suntik, meloxicam, dexomateson, metrylergometrin dan meloxicon.

“Penjulana obat-bata itu di toko obat menyalahi peraturan tentang perlindungan konsumen. Maka untuk saat ini, kita telah menyitanya dan sudah kita surati untuk tahap awal, karena banyak mereka yang tidak tahu kalau hal tersebut dilarang. Maka tahap awal disosialisasikan dulu, baru jika ditemukan lagi akan ditindak sesuai peraturan hukum yang berlaku termasuk pencabutan izin usaha,” ucap mereka.

Selain toko obat yang menjual obat-obatan dalam daftar lingkaran merah, pihak Disperindagkop juga menemukan 8 botol sirup jenis pohon pinang sudah kedaluarsa tahun 2009 di salah satu toko.

Baca Juga :  (press release) Surat Somasi Masyarakat Angkola Timur Kepada Bupati Tapanuli Selatan, Terkait Pembangunan Pertapakan Kantor Bupati Tapsel

Namun dalam keterangan informasi yang diperoleh pihaknya dari pemilik SHS, sirup tersebut bukan untuk dijual tapi diasingkan untuk dibuang.

Sumber: http://metrosiantar.com/MENUJU_PALAS-PALUTA/Toko_Obat_Ditemukan_Jual_Obat_Lingkaran_Merah

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*