TORTOR GONDANG SEMBILAN BUDAYA MALAYSIA!

Pagi di salah satu media TV menyampaikan bahwa Malasyia telah mengclaim bahwa tortor Gondang sembilan yang berasal dari wilayah Mandailing yang dulu bahagian Tapanuli bahagian Selatan telah mendaftarkan memjadi salah satu milik budayanya. Masyarakat Indonesia sangat menyayangkan pernyataan ini dan baiknya pemerintah Indonesia cepat menangapi masalah ini sebelum timbul gejolak di masyarakat. Pemerintah Indonesia hendaknya menyikapi maksud dan tujun pernyataan Malaysia iniyang menurut saya mengandung memprovokasi masyarakat Indonesia dan menunjukkan betapa lemahnya Indonesia dalam menjaga budaya Indonesia yang begitu kaya banyak dan ragamnya.

Sebagai masyarakat batak sangat merasa kita kaget mendengar benar atau tidaknya berita ini dan merasa tidak boleh didiamkan hal ini dan perlu ditanggapi secara baik-baik dan tidak perlu berlebihan jika pemerintah cepat menanggapinya. Pemerintah kabupaten MADINA cepat menanggapi dan meresponhal ini cepat sebelum para tokoh adat masyarakat bangsa batak  merasa terusik dan menimbulkan amarah diseluruh Dunia dimanapun  berada.  Horas

luru

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. mungkn mereka mengklaim itu budaya mereka,
    krna di malaysia ada komunitas orang2 mandailing di tanah malaysia sana, menggunakan bahasa mandailing juga, hmpir sama dengan tapsel, ada tpt mayoritas mandailing.
    mungkn itu yg menyebab kn mereka mengklaim2 budaya ini…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*