Truk Over Tonase Dilarang Melintas! Di Jalan Lintas Pantai Barat

MADINA-  Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Madina Harlan Batubara SH menegaskan pihaknya melarang truk over tonase melintas di Jalan Lintas Pantai Barat. Untuk menegakkan pelarangan ini, pihaknya akan bekerjasama dengan Polres Madina. Menurut Harlan Batubara SH, pelarangangan melintas di Jalan Lintas Pantai Barat itu sesuai dengan Keputusan Kementerian Perhubungan Nomor 1 tahun 2000. “Truk over tonase itu telah melanggar aturan Kepmenhub nomor 1 tahun 2000 tentang penetapan ruas jalan di Pulau Sumatera. Perlu diketahui, jalan lintas Pantai Barat itu merupakan jalan klas IIIB dan berat maksimum hanya 8 ton sementara truk yang lewat setiap hari beratnya ada yang 15 hingga 20 ton. Untuk itu kita meminta bantuan Polres Madina untuk penertibannya,” sebut Harlan, Senin (18/7).

Dikatakan Harlan, pihaknya sudah sering melakukan penertiban, bahkan tidak jarang truk over tonase itu diamankan tetapi sampai sekarang tetap membandal. “Kita telah meminta bantuan Polres Madina. Ini dilakukan untuk pengawetan jalan lintas atau pembatasan kendaraan pada ruas jalan. Sebab, pelanggaran aturan ini telah merugikan masyarakat. Infrastruktur jalan lintas cepat rusak dan kalau kita tidak lakukan penindakan kapan lagi akan terjalankan peraturan ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Abdul Hakim seorang warga Kecamatan Batang Natal ditemui di Pasar Lama Panyabungan, menambahkan, masyarakat sudah lama diresahkan oleh banyaknya truk over tonase dengan muatan melebihi 20 ton itu melintas dari Pantai Barat Madina. “Kami sangat mendukung apabila ada tindakan dari pemerintah untuk mengatasi persoalan ini karena kami juga telah lama resah dengan kondisi ini. Kami merasa tak ada gunanya dilakukan perbaikan kalau tak ada penindakan dari pemerintah terhadap truk over tonase itu,” sebut Hakim.

Baca Juga :  Dandim 0212/Ts Irup Upacara Pentupan Perkemahan Bhakti Saka Wirakartika

Sementara itu, Ketua Pergerakan Mahasiswa Peduli (PMP) Madina, Aswan Lubis, di Panyabungan, mengatakan, pemerintah maupun penegak hukum seharusnya menindak sejumlah oknum yang diduga melewatkan truk-truk over tonase itu. Sebab, truk over tonase ini tak akan bisa lewat kalau bukan petugas terkait yang mengizinkannya lewat. (wan)

Sumber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*