Tsunami ancam banyak daerah di Indonesia

Merdeka.com – Gempa 8,2 skala Ritcher di Chile yang terjadi pada tanggal 02 April 2014 kemarin, ternyata membuat banyak kota di Indonesia pada khususnya berstatus WASPADA.

Maksud dari status WASPADA tersebut adalah waspada akan munculnya gelombang tsunami akibat dari gempa yang terjadi di Chile itu. Status WASPADA tersebut tidak serta merta meluas karena pesan hoax, melainkan berasal dari rilisan resmi tim BMKG.

Dikarenakan kekuatan gempa dengan kedalaman 10 kilometer tersebut sangat berpotensi melahirkan gelombang tsunami yang mengancam wilayah Indonesia.

Dalam berita rilisannya, seperti yang termuat dalam situs resmi BMKG , provinsi atau kabupaten atau juga kota yang berada pada lingkup daerah dengan status AWAS diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh.

Untuk pemerintah provinsi atau kabupaten atau juga kota yang berada pada status SIAGA diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

Dan untuk pemerintah provinsi atau kabupaten atau juga kota yang berada pada status WASPADA diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Berikut adalah daftar data dalam format PDF yang dirilis resmi oleh BMKG terkait daerah-daerah mana saja yang masuk dalam kategori WASPADA.

Ambil Disini – daftar daerah kategori WASPADA dalam format PDF

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Tabungan Pendidikan Rp 24 Triliun, Pemerintah Siap Biayai Beasiswa Hingga S3

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*