Tsunami Mentawai – Korban Selamat Mengungsi Tanpa Tenda

Banyak korban selamat dari gempa dan tsunami di Mentawai, Sumbar, masih mengungsi di perbukitan Pulau Pagai dan bermalam tanpa tenda.

Menurut Hermansyah, pegawai Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan, hingga Rabu malam, masih banyak warga Sipora bertahan di perbukitan.

2002378620X310 Tsunami Mentawai Korban Selamat Mengungsi Tanpa Tenda
Sejumlah bangunan di Kampung Bosuwa Desa Betumonga Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, hancur akibat gempa dan tsunami, Rabu (27/10/2010).

“Mereka bermalam di bawah pohon dan benda-benda yang bisa melindungi dari rasa dingin, belum ada tenda di sana,” kata warga Pulau Pagai, Hermansyah, Rabu (27/10/2010) malam.

“Di antara mereka yang mengungsi terdapat anak-anak dan orang tua dan harus bertahan tanpa tenda di malam hari,” tambah Hermansyah.

Sementara bahan makanan sudah mulai mengalir kepada para pengungsi yang datang dibawa para relawan dan tim SAR sejak Rabu siang.

“Untuk bahan makanan, sudah ada yang datang dan sangat membantu para korban yang mengungsi,” katanya.

Warga yang mengungsi adalah korban yang rumahnya rusak berat, hilang atau tidak bisa ditempati lagi setelah diguncang gempa dan dilanda gelombang tsunami.

Selain itu, mereka yang mengungsi adalah korban selamat yang masih takut dan khawatir gempa susulan.

Hermansyah menyebutkan, para pengungsi mengharapkan bantuan tenda secepatnya sehingga warga bisa terlindung dari rasa dingin saat bermalam di perbukitan, apalagi hujan masih sering terjadi.

Rabu malam, cuaca cukup baik dan tidak ada hujan sehingga bisa mengurangi rasa dingin warga yang bermalam tanpa tenda di perbukitan. (kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kapolri Dapat Tunjuk Langsung Calon Penggantinya?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*