Tsunami Mentawai – Sejumlah Negara Tawarkan Bantuan

2001455620X310 Tsunami Mentawai Sejumlah Negara Tawarkan BantuanNegara-negara sahabat dan organisasi internasional menawarkan bantuan penanganan dampak bencana alam di Yogyakarta dan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Hal itu terungkap dalam laporan sejumlah pejabat pemerintah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sesaat setelah Presiden tiba di Padang dari Hanoi, Vietnam, Rabu (27/10/2010).

quote 1 Tsunami Mentawai Sejumlah Negara Tawarkan Bantuan
Pastikan bantuan tepat sasaran, transparan, dan akuntabel.
— Presiden SBY
quote 2 Tsunami Mentawai Sejumlah Negara Tawarkan Bantuan

Kepala Unit Kerja Presiden Pengawas Perencana Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto melaporkan, Jepang adalah salah satu negara yang menawarkan bantuan. Selain itu, Selandia Baru juga siap mengirimkan berbagai jenis bantuan setiap saat dibutuhkan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menurut Kuntoro, juga telah menyiapkan bantuan yang siap dikirimkan.

Selain menawarkan bantuan, negara-negara sahabat dan organisasi internasional itu juga menyatakan duka yang mendalam.

Pada saat yang sama, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono juga melaporkan bahwa angkatan perang Singapura menawarkan bantuan kapal. Namun, kata Agus, TNI belum memberikan jawaban atas tawaran itu karena masih menunggu perkembangan situasi.

Menanggapi tawaran bantuan itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan terima kasih. Presiden berharap, bantuan disalurkan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. “Pastikan bantuan tepat sasaran, transparan, dan akuntabel,” kata Presiden.

Presiden Yudhoyono hari ini bermalam di Padang. Kamis (28/10/2010) besok, Presiden bertolak ke Kepulauan Mentawai. (kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Tim Berpita Hijau di Cikeusik Bertugas Arahkan Massa

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*