Tujuh Film Indonesia Bersaing di Balinale Film Festival 2014

JAKARTA, Bali International Film Festival alias Balinale 2014 siap dihelat di Kuta, Bali, 12-18 Oktober 2014. Lima puluh sembilan film menjadi peserta festival tersebut. Dari semua itu, tujuh film Indonesia bersaing untuk meraih penghargaan.

“Film dari Indonesia akan mempunyai kesempatan yang sama untuk menang. Mereka berhadapan langsung dengan film dari luar. Kami tidak mengelompokkan atau memisahkan film lokal dan luar,” ujar Deborah Gabinetti, co-founder Balinale, dalam jumpa pers di Tee Box Cafe, Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Tujuh film Indonesia yang bersaing dalam berbagai kategori itu adalah Bajaj Bajuri The Movie, 12 Menit untuk Selamanya, Again, Perjalanan, Maryam, dan Urbanus Apartemenitus.

Awalnya ada 200 film dari 35 negara yang mendaftar untuk mengikuti festival yang sudah delapan kali diadakan itu. Tidak mudah bagi Deborah dan tim untuk menyeleksi film-film tersebut.

“Tidak mudah menyeleksi film-film tersebut. Asal tahu saja, film-film yang mendaftar bukan film sembarangan. Mereka punya jalan cerita yang sangat menarik untuk ditonton,” jelas Deborah.

Sederat film ternama siap menjadi saingan ketujuh film Indonesia itu, termasuk La Grande Belleza dari Italia, yang meraih piala Oscar untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, dan A Girl at My Door dari Korea Selatan, yang masuk nominasi UN Certain Regard Award 2014.

Balinale 2014 akan mengangkat tema Focus on Women. Penyelenggara melihat wanita banyak berp,eran dalam perfilman terutama di Indonesia.

Baca Juga :  Spektakuler, Kekayaan Bill Gates Tembus Rp 1.192 Triliun

“Kami merasa banyak wanita yang terlibat di industri perfilman di Indonesia dibanding di negara lain,” puji Deborah.

Nantinya akan ada lima penghargaan dalam Balinale 2014, yakni Best Short Film, Best Feature Film, Best Documentary Film, Best Overall Film, dan Special Recognition or Appreciation. Para pemenang ditentukan oleh para penonton festival tersebut.

/KOMPAS.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*