Tujuh Terpidana Korupsi di Sumut Dapat Remisi Khusus Lebaran

Medan, (Analisa). Tujuh terpidana kasus korupsi di Sumatera Utara (Sumut) mendapatkan remisi (pengurangan masa tahanan) khusus berkaitan dengan perayaan keagamaan yakni Idulfitri 1432 H. Remisi yang diberikan bervariasi mulai dari pengurangan masa tahanan selama 15 hari hingga dua bulan.

Data diperoleh dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumut, Rabu (24/8), ketujuh terpidana tersebut berasal dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas/LP Klas I Medan, di Tanjung Gusta Medan, yakni Usriadi terpidana 15 tahun penjara mendapatkan remisi sebesar dua bulan.

Lalu dari Lapas Klas IIA Rantau Prapat yakni Yafizham, terpidana lima tahun penjara mendapatkan remisi sebanyak satu bulan. dari 5 tahun hukuman yang dijatuhkan. Dari Rutan (rumah tahanan negara) Klas IIA Tanjung Pura yakni Azizah M Seif dan Yusnida masing-masing mendapatkan remisi sebanyak satu bulan dari hukuman masing-masing empat tahun penjara.

Remisi khusus lebaran tahun ini juga diperoleh oleh terpidana 18 bulan penjara yakni Wisnawaty dari Lapas Klas IIB Pangkalan Brandan, yakni pengurangan masa tahanan sebesar satu bulan.

Dari cabang Rutan Sipirok yakni Ramadhan Siregar dan Amir Syam masing-masing mendapatkan remisi 15 hari dari hukuman masing-masing setahun penjara.

Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kemenkumham Sumut, Ely Lukmansyah didampingi Kasubid Registrasi, Jefri kepada wartawan mengatakan, remisi bagi pelaku tindak pidana korupsi hanya diberikan kepada narapidana (napi) yang menyebabkan kerugian negara dibawah Rp1 miliar sesuai dengan PP 28 tahun 2006.

Baca Juga :  Pengungsi Sinabung Dipulangkan

Selain itu remisi hanya dapat digunakan pada hukuman atau putusan pokok dan tidak berlaku bagi hukuman subsider atau uang pengganti. Pasalnya untuk subsider maupun uang pengganti itu harus dijalani dan tidak boleh dipotongkan ke remisi.

Sementara untuk total penerima remisi khusus lebaran tahun ini seperti kasus pidana umum, Kemenkumham Sumut belum mengetahuinya karena masih dalam proses pendataan. Pastinya remisi khusus lebaran ini dikhususkan bagi terpidana yang beragama Islam. (dn)

Sumber: analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*