Tumbangnya jaringan BlackBerry hanya heboh di Indonesia

TwitterforBlackBerry4 Tumbangnya jaringan BlackBerry hanya heboh di IndonesiaTumbangnya jaringan BlackBerry selalu menjadi berita heboh di Indonesia, dan nyaris tak terdengar gemanya di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, apalagi China dan Jepang.

Sangat wajar, karena ternyata seperlima pelanggan BlackBerry dunia ada di Indonesia. Indonesia yang sering disebut BlackBerry Nation memiliki pangsa pasar bagi BlackBerry global sebesar 20 persen atau sekitar 15 juta pelanggan dari 75 pelanggan global.

Memang tak ada kaitan langsung apabila tumbangnya BlackBerry dikaitkan dengan jumlah pelanggan yang terlalu besar di Indonesia, karena sistem yang digunakan RIM seperti pager pada zaman dulu, yaitu satu server di Kanada untuk digunakan di seluruh dunia. Selain server utama, BlackBerry juga menempatkan dua gateway, salah satunya di Singapura.

Setelah sejak pukul 21:00 WIB jaringan BlackBerry mengalami gangguan, kini layanan handset asal Kanada itu kembali normal. Seperti biasa, tak ada penjelasan yang memadai dari pihak BlackBerry terkait gangguan jaringan tersebut.

Manajer PR BlackBerry Indonesia, Yolanda Nainggolan padahal sudah berjanji akan memberikan update perkembangan terakhir terkait tumbangnya jaringan BlackBerry malam ini. “Kami minta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, dan informasi terkini akan segera disampaikan,” katanya.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  iPhone 6 Plus Bisa Sebabkan Kebotakan?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*